Pendidikan

Visi dan komitmen seorang muslim menurut al-Qur’an dan Hadits

Visi dan komitmen seorang muslim menurut al-Qur’an dan Hadits

Sebagaimana kita ketahui bahwa Allah menciptakan manusia ini tidak sia-sia. Ketika Allah akan menciptakan manusia, rencana ini disampaikan Allah kepada para malaikat yang terlebih dahulu diciptakan Allah Swt. dengan firman-Nya :

  1. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”(Al-Baqarah :30)[5]

Dari ayat ini dapat kita ketahui bahwa Allah hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi yang bertugas memakmurkan bumi, akan tetapi hal itu dikhawatirkan oleh para malaikat karena hanya akan membuat kerusakan dan terjadi pertumpahan darah, sedangkan para malaikat senantiasa memuji dan bertasbih kepada-Nya.

Jika kita perhatikan surat al-Baqarah ayat 30 sampai ayat 38, maka peristiwa penciptaan manusia sampai terusir dari surga dan tinggal di bumi adalah suatu skenario yang telah direncanakan oleh Allah Swt. yang tidak diketahui oleh makhluk ciptaan-Nya.

Suatu visi  singkat dan padat dan harus diperhatikan seorang muslim, yang tertuang dalam al-Qur’an, sebagaimana  tercantum dalam  surat al-An’am ayat 162 sebagai  :

sumber :

https://situsiphone.com/seva-mobil-bekas/