Pendidikan

TUJUAN UTAMA BANK SENTRAL

TUJUAN UTAMA BANK SENTRAL

TUJUAN UTAMA BANK SENTRAL

TUJUAN UTAMA BANK SENTRAL

Tujuan utama bank sentral

di berbagai negara di dunia adalah mencapai dan menjaga kestabilan nilai mata uang negara. Kestabilan nilai mata uang dapat dilihat dari dua aspek. Aspek pertama adalah kestabilan nilai mata uang terhadap barang-barang dan jasa yang ada di negaranya. Aspek kedua adalah kestabilan nilai mata uang negara terhadap mata uang negara lain atau kurs.

Kestabilan nilai mata uang Indonesia dengan mata uang rupiahnya dikendalikan oleh Bank Indonesia. Kestabilan nilai rupiah terhadap harga-harga barang dan jasa yang ada Indonesia dapat kita lihat dari laju inflasi di Indonesia setiap tahunnya. Sedangkan kestabilan nilai mata uang rupiah terhadap mata uang negara lain dapat kita lihat dari kurs rupiah terhadap mata uang negara asing, terutama dolar Amerika.

Kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa dalam negeri dilihat dari laju inflasi. Inflasi adalah kondisi dimana harga barang dan jasa yang ada di suatu negara mengalami kenaikan secara bersamaan dan terjadi secara terus menerus. Kenaikan yang terjadi hanya sesaat tidak dapat dikategorikan sebagai inflasi, seperti saat lebaran, tahun baru, liburan, dan lain-lain.

Inflasi dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain peredaran uang, permintaan akan barang yang meningkat, kenaikan biaya produksi, dan kekacauan ekonomi dan politik. Faktor-faktor tersebut yang harus dikendalikan oleh Bank Indonesia selaku Bank Sentral agar tercapai kestabilan nilai rupiah.

Kestabilan nilai rupiah terhadap nilai mata uang lain dilihat dari nilai kurs rupiah. Kurs, secara sederhana, dapat diartikan sebagai perbandingan nilai mata uang suatu negara dengan mata uang negara lain. Kurs dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya perbedaan tingkat inflasi, neraca perdagangan, hutang publik, dan kestabilan ekonomi dan politik.

Bank Indonesia berperan besar dalam pengendalian faktor-faktor yang memengaruhi tingkat inflasi dan kurs. Peran besar tersebut tertuang dalam tujuan dan tugas Bank Indonesia.

Tujuan utama Bank Indonesia secara garis besar adalah menjaga kestabilan nilai rupiah. Tujuan tunggal ini dimaksudkan agar kinerja Bank Sentral lebih fokus dan dapat terukur. Jika nilai mata uang rupiah stabil terhadap harga-harga barang dan nilai mata uang negara lain, maka tujuan tunggal Bank Indonesia sudah tercapai. Tujuan selanjutnya adalah menjaga stabilitas ini dalam jangka waktu yang lama bahkan seterusnya.


Sumber: https://ins-conference.org/mine-quest-2-apk/