Pendidikan

TUGAS SUPERVISOR MARKETING

TUGAS SUPERVISOR MARKETING

TUGAS SUPERVISOR MARKETING

TUGAS SUPERVISOR MARKETING

Secara umum,

seorang supervisor marketing memiliki beberapa anak buah yang bergerak sebagai sales atau tenaga penjualan. Supervisor marketing ini memiliki tanggung jawab langsung kepada manajer pemasaran. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan bisa terlaksana dengan baik.

Jika Anda bekerja sebagai seorang supervisor marketing, maka Anda akan memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut ini:

  1. Menulis, menyusun, dan menyajikan iklan untuk meningkatkan promosi, sponsor acara eksternal, serta kemitraan strategis dengan perusahaan lainnya.
  2. Mengembangkan dan memelihara hubungan promosi dengan berbagai instansi lain seperti sekolah, bisnis lokal, dan juga organisasi masyarakat.
  3. Meneliti dan mengembangkan informasi berupa standar grafis untuk menyusun program pemasaran regional.
  4. Mengembangkan program periklanan dan pemasaran.
  5. Menyiapkan strategi pemasaran yang dianggap sesuai dengan kondisi di lapangan serta berpeluang menghadirkan profit yang besar.
  6. Mengukur, menganalisis, serta mengevaluasi program pemasaran sesuai dengan kebutuhan.
  7. Mengawasi tingkat pemasaran yang telah dibuat oleh para staf penjualan, media, acara hubungan dengan masyarakat, promosi, dan periklanan lokal.
  8. Memastikan pelaksanaan semua program pemasaran bersama-sama dengan divisi humas atau public relations.
  9. Mengkoordinir acara berupa wawancara dengan media lokal serta menyimpan dokumentasi file pemasaran.
  10. Memberikan bimbingan dan arahan berupa strategi, evaluasi, dan konsultasi teknik pemasaran kepada semua tim staf pemasaran yang dibawahinya.
  11. Mengkoordinir seluruh aspek pemasaran internal perusahaan termasuk upaya promosi, merchandising, hubungan masyarakat, informasi, tanda cek toko, acara, dan lain sebagainya.
  12. Mendukung setiap aspek yang ada dalam tim pemasaran, termasuk asisten dan signmaker.

Untuk bisa menjadi seorang supervisor dalam bidang apapun, memang diperlukan keahlian dan tanggung jawab khusus. Untuk itulah, pengalaman dan dukungan kualifikasi pendidikan yang tepat akan menjadi pertimbangan perusahaan merekrut karyawan untuk mengisi posisi ini.


Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/