Pendidikan

Teori Pembelajaran Regeluth

Teori Pembelajaran Regeluth

1.      Pendekatan elaborasi berkembang sejalan dengan tumbuhnya perubahan paradigm pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa sebagai kebutuhan baru dalam menerapkan langkah pembelajaran. Ide dasarnya adalah siswa perlu mengembangkan makna kontekstual dalam urutan pengetahuan dan keterampilan yang berasimilasi.

2.      Menurut Reigeluth, teori elaborasi mengandung beberapa nilai lebih, seperti:

a.       Terdapat urutan pembelajaran yang mencakup keseluruhan untuk memotivasi

b.      Memberi kemungkinan pada pelajar untuk mengurangi berbagai hal dan memutuskan urutan proses belajar sesuai dengan keinginannya.

c.       Memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan cepat

d.      Mengintegrasikan berbagai variabel pendekatan sesuai dengan desain teori

3.      Urutan elaborative

a.       Ide umum yang digambarkan tidak hanya meringkas ide yang ada

b.      Penggambaran (epitomize) dilakukan berdasarkan tipe materi tunggal

4.      Esensi proses epitomizing memerlukan:

a.       Menyelesaikan salah satu materi sebagai materi organisasi (konsep, prinsip, prosedur)

b.      Membuat daftar pada materi organisasi yang telah dipelajari oleh kelas

c.       Menyeleksi beberapa materi organisasi yang lebih mendasar, sederhana dan fundamental

d.      Menyajikan ide pada tingkatan aplikasi

5.      Komponen kritis pada konsep: mengenal atribut dan hubungan diantaranya.

sumber :

https://etrading.co.id/marble-legend-apk/