Umum

Teknik Jitu Mencegah Kehamilan

Teknik Jitu Mencegah Kehamilan

Cara menunda Kehamilan yang sehat | Cara mencegah kehamilan yang baik dan sehat

Idealnya bagi setiap pasangan adalah segera memiliki anak setelah menikah, namun bagi pasangan lain ada yang berpendapat berbeda. Karena setiap pasangan memiliki rencana rumah tangga secara sendiri-sendiri. Beberapa alasan kenapa pasangan menunda kehamilan adalah: Belum siap secara mental atau finansial, masih menempuh pendidikan atau karir atau hal lain yang berhubungan dengan kesehatan. Atau jika anda pasangan baru yang masih ingin memperpanjang masa bulan madu dan ingin menikmati masa masa berdua dengan pasangan untuk beberapa waktu kedepan. Nah, untuk itu Anda harus mengetahui pengetahuan khusus cara menunda kehamilan dengan benar dan sehat, apalagi jika anda belum pernah mendapatkan kehamilan sebelumnya (pasangan baru).

Cara yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan ada dua jenis; secara alami dan menggunakan cara medis. Yaitu cara alami seperti menggunakan sistem kalender saat berhubungan, atau ramuan tradisional. Dan menggunakan cara dari jenis kedua yaitu menggunakan alat medis seperti obat dan alat kontrasepsi. Kedua jenis cara mencegah kehamilan ini pada intinya sama yaitu untuk menggagalkan pertemuan sel telur dan sel sel pria disaat melakukan hubungan suami istri.

Berikut ini cara menunda kehamilan dari dua jenis yang bisa anda terapkan bersama pasangan:

A. Cara mencegah kehamilan dengan cara alami

1. Tidak Melakukan Hubungan Suami Istri
Inilah cara paling mudah, aman dan tepat untuk mencegah terjadinya kehamilan, tingkat keamanannya bisa dipastikan seratus persen. Hanya saja cara ini tidak mudah dijalankan bagi pasangan suami istri yang telah menikah dan terkesan tidak masuk akal. Mana ada pasangan menikah yang tahan tidak berhubungan badan?

2. Melakukan Hubungan suami-istri Berdasarkan Sistem Kalender
Metode pencegahan kehamilan dengan sistem kalender termasuk dalam cara alami menunda kehamilan. Dasar pelaksanaan metode kalender adalah tidak melakukan hubungan suami-istri ketika seorang wanita sedang dalam masa subur. Masa subur wanita adalah masa dihasilkannya sel telur yang memungkinkan terjadi pembuahan bila bertemu sel sel pria. Jika siklus haid Anda termasuk dalam kategori normal, umumnya berlangsung selama 28 sampai 30 hari, maka masa subur wanita jatuh pada hari kesebelas sampai dengan dengan delapan belas setelah haid terakhir.

Siklus menstruasi wanita seringkali tidak tepat waktu, ada kalanya maju dan ada kalanya mundur dari jadwal normal. Bila siklus datang bulan Anda tidak teratur, supaya aman maka penghitungan masa subur Anda ditambah tiga hari lebih awal dan tiga hari sesudahnya. Jadi rentang masa suburnya diperpanjang dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 21. Agar berhasil menjalankan metode kontrasepsi kalender, pihak suami harus bisa disiplin dan menahan diri ketika mengajak isterinya berhubungan suami-istri.