SMKN 1 Banda Jadi SMK Rujukan dan SGD

SMKN 1 Banda Jadi SMK Rujukan dan SGD

SMKN 1 Banda Jadi SMK Rujukan dan SGD

SMKN 1 Banda Jadi SMK Rujukan dan SGD
SMKN 1 Banda Jadi SMK Rujukan dan SGD

SMK Negeri 1 Banda sejak berdiri tahun 2006 lalu hingga kini perkembangannya

meningkat cukup pesat, dimana tahun 2015 telah di-SK-kan oleh Kemendikbud menjadi SMK Rujukan,dan tahun 2016 ini menjadi SMK Sekolah Garis Depan (SGD).

Kepala SMK Negerin 1 Banda Rahman Lajai, S.Pd ditemui Tribun-Maluku.com di Ambon Senin (23/5) menjelaskan, sekolah kejuruan yang dipimpinnya sudah berusia 10 tahun sejak berdiri tahun 2006 lalu dan pada tahun 2015, sesuai usulan Dinas Dikbud Maluku SMK ini mendapat kesempatan menjadi SMK yang dikembangkan setelah lulus seleksi, maka diberikan Surat Keputusan oleh Kemendikbud melalui Direktorat Pembina SMK menjadi SMK Rujukan, sekaligus dikembangkan menjadi SMK Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, Pemda Kabupaten Malteng bersama Dikbud Provinsi Maluku

menyatakan SMK Negeri 1 Banda dipercayakan sebagai tempat pelatihan Basic Training Keselamatan Pelayaran, untuk seluruh SMK Kelautan dan Perikanan di Maluku karena banyak memiliki prestasi bajk sekolah maupun siswa, serta kedudukan sekolah yang strategis sehingga seluruh SMK dari kabupaten/kota di Maluku dapat mengikuti pendidikan BST pada SMK dimaksud.

Tahun 2016 ini SMKN 1 Banda mendapat bantuan dana awal sebesar 1 milyar rupiah

, guna dikembangkan menjadi Sekolah Garis Depan (SGD). Penunjukan ini telah dilakukan uji servey lapangan maunpun kelengkapan data sekolah, serta uji kelayakan dari pihak Kemndikbud dan dinyatakan lolos dan wajar menjadi SMK SGD.

Menurut Lajai, di Indonesia hanya ada 3 SMK yang mejadi Sekolah Garis Depan, yakni SMK Negeri 1 Banda, Kabupaten Malteng Provinsi Maluku, SMK Negeri 2 Bekasi Jawa Barat dan SMK Negeri 1 Nunukan di Kalimantan.

Rujukan diarahkan untuk Perikanan dan Kelautan, sedang SGD semua jurusan yang ada disekolah itu dikembangkan termasuk sistim IT, belajar mengajar, gedung sekolah dan sarana prasarana lainnya. Semua ini akan terus dikembangkan pada 3 SMK SGD yang ada di Indonesia, dengan tujuan pada saatnya diharapkan 3 SMK ini setara dengan sekolah di luar negeri.(TM04)

 

Sumber :

https://pesantrenkilat.id/puasa-syawal/