Pendidikan

Ribuan Lulusan Baru Berburu Kartu Kuning

Ribuan Lulusan Baru Berburu Kartu Kuning

Ribuan Lulusan Baru Berburu Kartu Kuning

Lonjakan pemohon pembuatan kartu kuning atau AK1 terjadi di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi sejak sepuluh hari terakhir.

Tercatat ribuan pencari kerja (Pencaker) membuat kartu kuning atau AK1 sebagai bekal mencari pekerjaan. Jumlah tersebut didominasi oleh pencari kerja atau lulusan baru tahun 2019 ini.

Humas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi, Aripin menuturkan sejak 14

hingga 24 Juni lalu, jumlah pencaker yang mengajukan permohonan untuk membuat kartu kuning mencapai 4.801. Jumlah tersebut terus meningkat hingga kemarin, Selasa (25/6).

Pantauan Radar Bekasi dilokasi, petugas kantor Disnaker Kota Bekasi sudah menyebutkan nomor antrian ke 200. Artinya, pada hari itu sudah terdapat 200 lebih Pencaker datang untuk membuat kartu kuning ditambah dengan beberapa yang masih menunggu giliran baik didalam maupun di luar ruang gedung.

“Kalau AK 1 ini laporan waktu rapat dari tanggal 14 sampai dengan 24 Juni sampai 4.801 (Pemohon,red),” katanya.

Ribuan pencaker tersebut didominasi oleh pemohon yang baru mengajukan

pembuatan kartu kuning atau lulusan tahun 2019. Mereka terpantau memadati kantor Disnaker Kota Bekasi hingga sore hari.

Tidak hanya di kantor Disnaker, peningkatan jumlah pemohon kartu kuning ini juga terjadi di mal pelayanan publik (MPP) Lotte Mart. Setidaknya ada sekitar 80 pemohon setiap harinya.

Sementara di kantor Disnaker Kota Bekasi peningkatan terjadi sekitar 10

persen dari hari normal. Pada hari biasa pemohon hanya 15 hingga 20 saja. Namun saat ini bisa melayani 200 pemohon dalam sehari.

“Memang ramenya sepuluh hari ini, kalau sudah normal seperti hari-hari biasa paling 20. Sehari di Lotte Mart aja sampai 80, disini sampai 200 sehari,” imbuhnya.

 

Baca Juga :