Pendidikan

PrinsipDasarBahasaJurnalistik

PrinsipDasarBahasaJurnalistik

Menurut JS Badudu (1988) bahasa jurnalistik memiliki sifat-sifat khas yaitu singkat, padat, sederhana, lugas, menarik, lancar dan jelas.

(a)        Singkat, artinya bahasa jurnalistik harus menghindari penjelasan yang panjang dan bertele-tele. Contoh : Pada hari ini, kamis pukul 9 pagi seharusnya ditulis Kamis, 09.00 WIB.

(b)        Padat, artinya bahasa jurnalistik yang singkat itu sudah mampu menyampaikan informasi yang lengkap. Semua yang diperlukan pembaca sudah tertampung didalamnya. Menerapkan prinsip 5 WH, membuang kata-kata mubazir dan menerapkan ekonomi kata.

(c)        Sederhana, artinya bahasa jurnalistik sebaiknya memilih kalimat tunggal dan sederhana, bukan kalimat majemuk yang panjang, rumit, dan kompleks. Kalimat yang efektif, praktis, sederhana pemakaian kalimatnya, tidak berlebihan pengungkapannya (bombastis).

(d)       Lugas, artinya mampu menyampaikan pengertian atau makna informasi secara langsung dengan menghindari bahasa yang berbunga-bunga .

(e)        Menarik, artinya dengan menggunakan pilihan kata yang masih hidup, tumbuh, dan berkembang. Menghindari kata-kata yang sudahmati.

(f)         Jelas, artinya informasi yang disampaikan jurnalis dengan mudah dapat dipahami oleh khalayak umum (pembaca). Struktur kalimatnya tidak menimbulkan penyimpangan/pengertian makna yang berbeda, menghindari ungkapan bersayap atau bermakna ganda (ambigu). Oleh karena itu, seyogyanya bahasa jurnalistik menggunakan kata-kata yang bermakna denotatif.

Terdapat empat prinsip retorika tekstual (Leech,1993)

  1. Prinsip prosesibilitas, menganjurkan agar teks disajikan sedemikian rupa sehingga mudah bagi pembaca untuk memahami pesan pada waktunya. Dalam proses memahami pesan penulis harus menentukan:

 (a) bagaimana membagi pesan-pesan menjadi satuan,

 (b) bagaimana tingkat subordinasi dan seberapa pentingnya masing-masing satuan, dan

(c) bagaimana mengurutkan satuan-satuan pesan itu.

Ketiga hal tersebut harus saling berkaitan satu sama lain, sehingga berita bisa difahami dengan baik oleh pembaca.

 

sumbe r;