PERSEBARAN PENDUDUK INDONESIA

PERSEBARAN PENDUDUK INDONESIA

PERSEBARAN PENDUDUK INDONESIA
PERSEBARAN PENDUDUK INDONESIA

Persebaran Penduduk

Lihatlah persebaran penduduk Indonesia pada gambar diatas. Kalian sanggup menemukan pulau mana saja di Indonesia yang penduduknya sudah sangat padat. Warna pada peta menggambarkan tingkat kepadatan penduduk di suatu daerah. Tampak bahwa beberapa daerah di Indonesia penduduknya masih sangat sedikit, atau masih kekurangan jumlah penduduk (under population).

Kepadatan Penduduk

Sebagai tumpuan di Papua, kepadatan penduduk rata-rata hanya mencapai 4 jiwa/kilometer persegi. Sementara pulau Jawa kepadatan penduduknya mencapai 945 jiwa/kilometer persegi. Pulau Jawa dan Madura dengan luas 132 ribu km2 berpenduduk 137 juta jiwa pada tahun 2010.

Kondisi Persebaran Penduduk

Pulau-pulau lain di Indonesia, dengan luas berkali lipat dari pulau Jawa bila seluruh penduduknya dijumlahkanpun tidak akan sanggup mencapai jumlah penduduk yang tinggal di Pulau Jawa. Bagaimana dampak penduduk yang tidak merata tersebut? Kondisi persebaran penduduk yang tidak merata merupakan sebuah duduk kasus tersendiri bagi pelaksanaan pembangunan, lantaran di daerah dengan penduduk yang padat berarti tersedia cukup banyak tenaga kerja. Namun pada daerah lain yang penduduknya sedikit mirip di Kalimantan dan Papua, terjadi kekurangan tenaga kerja sebagai sumber daya insan untuk melaksanakan pembangunan. Bagaimana cara mengatasi duduk kasus tersebut? Salah satu cara untuk mengatasi duduk kasus tersebut dengan mendatangkan tenaga terampil dari daerah-daerah yang penduduknya padat.

Penduduk Terpadat

Kita mendapat isu penduduk terpadat di Indonesia ialah Pulau Jawa. Mengapa begitu? Hal ini tidak lepas dari sejarah kehidupan masyarakat Indonesia. Pulau Jawa ialah daerah yang sangat subur dan telah usang berkembang pertanian tradisional. Pada masa lalu, penduduk Pulau Jawa masih membuatkan pola ekonomi tradisional berupa pertanian. Lokasi Pulau Jawa yang sebagian besar daerahnya gampang terjangkau itulah yang menjadi salah satu penyebab persebaran penduduk di Pulau Jawa terus terjadi. Selain itu, Pulau Jawa juga menjadi sentra perkembangan politik pada masa efek Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan. Tidak mengherankan apabila sarana dan prasarana di Pulau Jawa cukup lengkap. Berkat kemajuan ilmu dan teknologi, sentra kegiatan ekonomi masyarakat kini tersebar ke seluruh nusantara. Bahkan Pulau Jawa yang penduduknya sudah sangat padat mulai mengalami kekurangan lahan untuk membuatkan pertanian di sana. Pertanian dan pertambangan ketika ini telah berkembang di banyak sekali daerah Indonesia.

Baca Juga: