Pendidikan

Perkembangan intelektual

Perkembangan intelektual

Perkembangan intelektual

Menurut Piaget, perkembangan kognitif pada usia ini berada pada periode preoperasional, yaitu tahapan dimana anak belum mampu menguasai operasi mental secara logis. Yang dimaksud dengan operasi adalah kegiatan- kegiatan yang diselesaikan secara mental bukan fisik. Periode ini ditandai dengan berkembangnya representasional, atau “ symbolic function”, yaitu kemampuan menggunakan sesuatu untuk mempresentasikan (mewakili) sesuatu yang lain dengan menggunakan symbol (kata- kata, gesture/ bahasa gerak, dan benda). Dapat juga dikatakan sebagai “semiotic function” , kemampuan untuk menggunakan symbol- symbol (bahasa, gambar, tanda/ isyarat, benda, gesture, atau peristiwa) untuk melambangkan suatu kegiatan, benda yang nyata, atau peristiwa. Melalui kemampuan tersebut anak mampu berimajinasi atau berfantasi tentang berbagai hal. Dia dapat menggunakan kata- kata, peristiwa dan benda untuk melambangkan yang lainnya.

 Perkembangan emosional

Pada usia 4 tahun, anak sudah mulai menyadari akunya, bahwa akunya (dirinya) berbeda dengan bukan Aku (orang lain atau benda). Kesadaran ini diperoleh dari pengalamannya, bahwa tidak setiap keinginannya dipenuhi oleh orang lain atau benda lain. Dia menyadari bahwa keinginannya berhadapan dengan keinginan orang lain, sehingga orang lain tidak selamanya memenuhi keinginannya. Bersamaan dengan itu, berkembang pula perasaan harga diri yang menuntut pengakuan dari lingkungannya. Jika lingkungannya (terutama orang tuanya) tidak mengakui harga diri anak, seperti memperlakukan anak secara keras, atau kurang menyayanginya, maka pada diri anak akan berkembang sikap- sikap;a) keras kepala/menentang, atau b) menyerah menjadi penurut yang diliputi rasa harga dirinya kurang dengan sifat pemalu. (Karso, dkk.(ed),1982; Syamsu Yusuf LN,2000).

sumber :

Metal Shooter: Run and Gun 1.100 Apk + Mod