Pendidikan

perilaku etika dalam bisnis

perilaku etika dalam bisnis

perilaku etika dalam bisnis

Apa yang diinginkan oleh masyarakat??

  • Tuntutan Shareholder dan Masyarakat terhadap keberadaan bisnis dan profesi makin meningkat:Stakeholder menghendaki agar kegiatan bisnis menghargai nilai-nilai & kepentingan mereka
  • Corporate directors diminta mengelola bisnis dgn etis
  • Perusahaan diminta utk lebih bertanggung jawab,transparan, dan etis
  • Kinerja tidak lagi diukur dari “berapa yg diperoleh”, tetapi “bagaimana hasil tersebutdicapai secara etis”

Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bisnis

1  Physical

Kualitas air dan udara, keamanan

  1. Moral

o    Kebutuhan akan kejujuran (fairness) dan keadilan (equity)

  • 3. Bad Judgment

o     Kesalahan operasi, kompensasi eksekutif

  • 4. Activist Shareholders

o    Shareholders etis, konsumen dan environmentalist

  • 5.Economic

o    Kelemahan, tekanan utk bertahan

  • 6. Competition

o    Tekanan global

  • 7. Financial Malfeasance

o    Berbagai skandal akuntansi dan keuangan

  • 8.Governance Failures

o    Pengakuan thd arti penting good governance dan isu-isu etika

  • 9.Accountability

o    Kebutuhan akan transparansi

  • 10. Synergy

o    Publikasi, perubahan-perubahan ygberhasil

  • 11. Institutional Reinforceme

o    Hukum/UU baru utk mereformasi praktik bisnis dan profesi

Sumber : https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/troll-face-quest-apk/