Perikanan

PENYAKIT BIROKRASI DAN TERAPINYA

PENYAKIT BIROKRASI DAN TERAPINYA

PENYAKIT BIROKRASI DAN TERAPINYA

PENYAKIT BIROKRASI DAN TERAPINYA

  1. Persekongkolan Jabatan dan terapinya

Persekongkolan jabatan adalah suatu usaha yang dilakukan dua orang atau lebih dengan menciptakan kesepakatan guna mempertahankan atau memperoleh suatu jabatan tertentu dalam organisasi dengan mengorbankan orang lain. Persekongkolan jabatan dapat menciptakan ketidakstabilan dan bahkan memungkinkan kematian sebuah organisasi.

Langkah-langkah mencegah terjadinya patologi persekongkolan jabatan:

  1. Pengisian atau rekrutmen jabatan, merupakan suatu usaha sadar dengan mempertimbangkan dari berbagai hal dalam jabatan baik yang memberikan keuntungan maupun hal yang merugikan.
  2. Kejelasan batasan kewenangan dan tanggungjawab dalam jabatan.
  3. Kejelasan persyaratan jabatan.
  4. Keterbukaan besaran penghasilan dalam suatu jabatan.
  5. Persekongkolan Pekerjaan dan terapinya

Patologi yang berupa persekongkolan pekerjaan dapat terjadi dalam rangka pendistribusian pekerjaan terutama pekerjaan yang melekat pada jabatan dan lebih banyak kontribusi besaran penghasilan bagi yang melakukan pekerjaan dalam jabatan tersebut terutama pada jenjang yang lebih tinggi. Terapi untuk mengurangi dan menghilangkan persekongkolan pekerjaan:

  1. Menciptakan kondisi sosial yang baik
  2. Menciptakan emosional yang cerdas
  3. Menciptakan intelektualitas yang baik
  4. Menciptakan karakter yang baik
  5. Menciptakan spiritualitas yang baik
  6. Persekongkolan Status dan Terapinya

Mempertahankan berbagai status yang dimiliki individu, kelompok yang bukan dilandasi dari profesionalisme dan kemampuan dalam pengetahuan dan keterampilan merupakan contoh bentuk persekongkolan status. Persekongkolan status dapat diartikan atau dipandang secara negatif karena berpatokan kepada pengalaman yang dirasakan manusia yang bersangkutan, di mana terkena imbas dari tindakan atau perbuatan persekongkolan tersebut selalu dalam posisi yang dirugikan. Apabila imbasan dari tindakan persekongkolan dalam rangka mempertahankan status yang dimilikinya menyebabkan melemahnya atau merugikan organisasi maka hal ini merupakan patologi. Langkah-langkah dalam rangka penyembuhan:

  1. Menanamkan pengertian tentang penyakit persekongkolan status dalam aktivitas administrasi dapat merugikan kelompok manusia yang bersekongkolan, dan lebih-lebih kepada pengembangan dan penguatan proses administrasi dalam pencapaian tujuan.
  2. Memberikan kesadaran bahwa hasil yang dicapai akibat penyakit persekongkolan status dalam aktivitas administrasi akan banyak menimbulkan kerugian dibanding manfaat.
  3. Memberikan teknik-teknik menghindarinya.

baca juga :