Pengertian Virtualisasi server dan Virtualisasi Network

Pengertian Virtualisasi server dan Virtualisasi Network

Pengertian Virtualisasi server dan Virtualisasi Network
Pengertian Virtualisasi server dan Virtualisasi Network

Virtualisasi

Dalam Ilmu komputer, virtualisasi (bahasa inggris: virtualization) adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah “sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain,aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.
Istilah virtualisasi sudah digunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa aspek komputer—dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada “menyembunyikan detail teknis” melalui enkapsulasi.

Istilah virtualisasi perangkat-keras mengacu kepada upaya menciptakan mesin virtual yang bekerja layaknya sebuah komputer lengkap dengan sistem operasi. Istilah mesin tuan-rumah(host) mengacu kepada mesin tempat virtualisasi bersemayam sementara istilah mesin tamu(guest) mengacu kepada virtual mesin itu sendiri. Istilah hypervisor mengacu kepada perangkat-lunak atau firmware yang membuat mesin virtual.
Jenis virtualisasi perangkat-keras meliputi:

  • Para virtualisasi: Perangkat keras tidak disimulasikan tetapi perangkat-lunak tamu berjalan dalam domainnya sendiri seolah-olah dalam sistem yang berbeda. Dalam hal ini perangkat-lunak tamu perlu disesuaikan untuk dapat berjalan.
  • Virtualisasi Sebagian: Tidak semua aspek lingkungan disimulasikan tidak semua perangkat-lunak dapat langsung berjalan, beberapa perlu disesuaikan untuk dapat berjalan dalam lingkungan virtual ini.
  • Virtualisasi penuh: Hampir menyerupai mesin asli dan mampu menjalankan perangkat lunak tanpa perlu diubah.

Vitualisasi perangkat-keras harus dibedakan dengan emulasi perangkat-keras. Pada emulasi perangkat-keras sebuah perangkat-keras meniru kerja perangkat-keras lain, sementara pada virtualisasi perangkat-keras sebuah hypervisor (sebuah software) meniru kerja perangkat keras tertentu atau bahkan keseluruhan komputer. Lebih lanjut hypervisor jangan dirancu dengan emulator. Keduanya mempunyai definisi yang sama tetapi domain pembicaraannya berbeda.

Virtualisasi Jaringan

Virtualisasi jaringan adalah proses menggabungkan hardware dan sumber daya perangkat lunak jaringan dan fungsi jaringan ke dalam, badan administrasi berbasis software tunggal,jaringan virtual. Virtualisasi jaringan melibatkan platform virtualisasi, sering dikombinasikan dengan virtualisasi sumber daya.
Virtualisasi jaringan dikategorikan sebagai virtualisasi eksternal, menggabungkan banyak jaringan atau bagian dari jaringan ke dalam sebuah unit virtual, atau Virtualisasi internal menyediakan fungsionalitas jaringan-seperti untuk wadah perangkat lunak pada jaringan tunggal server.
Dalam pengujian perangkat lunak, pengembang perangkat lunak menggunakan virtualisasi jaringan untuk menguji perangkat lunak di bawah pembangunan di simulasi dari lingkungan jaringan di mana software ini dimaksudkan untuk beroperasi. Sebagai komponen dari rekayasa kinerja aplikasi, virtualisasi jaringan memungkinkan pengembang untuk meniru koneksi antara aplikasi, layanan, ketergantungan, dan pengguna akhir di lingkungan tes tanpa harus secara fisik menguji perangkat lunak pada semua kemungkinan perangkat keras atau perangkat lunak sistem. Tentu saja, validitas tes tergantung pada keakuratan virtualisasi jaringan di meniru hardware nyata dan sistem operasi.

Komponen

Berbagai peralatan dan perangkat lunak vendor menawarkan virtualisasi jaringan dengan menggabungkan salah satu dari berikut:

  • Jaringan perangkat keras, seperti switch dan adapter jaringan , juga dikenal sebagai kartu antarmuka jaringan (NIC)
  • elemen jaringan, seperti firewall dan balancers beban
  • Jaringan, seperti Virtual LAN (VLAN) dan wadah seperti mesin virtual (VM)
  • perangkat penyimpanan jaringan
  • Jaringan mesin-ke-mesin elemen, seperti perangkat telekomunikasi
  • Jaringan unsur bergerak, seperti komputer laptop, komputer tablet, dan ponsel pintar
  • Media jaringan, seperti Ethernet dan Fibre Channel.

Sumber: https://www.kuliahbahasainggris.com/