Kuliner Pendidikan

Pengertian Teologis

Pengertian Teologis

       Istilah Teologi lahir dalam tradisi Kristen. Secara harpiah, teologi berasal dari bahasa Yunani, theos dan logos yang berarti ilmu ketuhanan. Istilah teologi dalam bahasa Yunani tersebut, dalam tradisi islam di kenal dengan ilmu kalam yang berarti perkataan-perkataan manusia tentang Allah(lihat,Abednego,199414).

      Dalam diskursus ilmiah istilah teologi biasanya memiliki arti yang khusus. Teologi, kata pidekso, sebagai upanya seluruh orang yang beriman dalam menangkap, memahami srta memberlakukan kehendak Tuhan melalui konteksnya( Ambednego, 1994: 15).

      Kalau kita membicarakan teologi, sekurang kurangnya di liahat dari tiga segi: teologi actual yaitu berteologi yang nelahirkan keperihatinan iman dalam wujud tingkah laku sehari-hari; teologi intelektual, yaitu teologi yang melahirkan pemikiran keagamaan berjilid-jilid yang hanya di pahami oleh para alim di bidang ini; dan teologi spiritual yang melahirkan perilaku mistik.

  1. Teologi sebagai Metode Studi Agama

     Pendekatan teologi dalam studi agama adalah pendekatan iman untuk merumuskan khendak Tuhan berupa wahyu yang di sampaikan kepada para nabinya agar kehendak tuhan itu dapat di pahami secara dinamis dalam konteks ruang dan waktu.

Sumber :

https://menitpertama.id/pet-salon-apk/