Pengertian Senam dan Sejarahnya

Pengertian Senam dan Sejarahnya

Pengertian Senam dan Sejarahnya

Pengertian Senam dan Sejarahnya
Pengertian Senam dan Sejarahnya

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Senam Terlengkap – Senam (Gymnastics) yaitu suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Senam yaitu salah satu cabang olahraga yang merupakan suatu latihan badan yang terpilih dan dikonstruk secara sengaja, sadar dan bersiklus tersusun sistematis dengan tujuan meningkatkan kesejukan jasmani, menyebarkan keterampilan dan menanamkan nilai mental spiritual.

yaitu suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Senam Terlengkap

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas adapula pengertian senam berdasarkan para ahli, diantaranya:

Margono (2009:19)

Menurut Margono, Senam yaitu latihan badan yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan menyebarkan langsung secara harmonis.

Sutrisno dan Khafadi (2010:60)

Menurut Sutrisno dan Khafadi, Senam yaitu setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan bersiklus untuk mencapai tujuan tertentu.

Madijono (2010:1)

Menurut Madijono, Senam yaitu suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan bersiklus dengan melaksanakan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat dalam tubuh.

Mahendra (2000:14)

Menurut Mahendra, Senam yaitu kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam menyebarkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motorability).

Sejarah Senam

Senam berasal dari kata Gymnastics (Inggris) dan Gymnastiek (Belanda). Gymnastics sendiri berasal dari kata serapan Bahasa Yunani yaitu Gymnos yang berarti telanjang. Dalam bahasa Yunani, gymnastics diturunkan dari kata gymnazein yang berarti berlatih atau melatih diri. Latihan tersebut diharapkan bagi cowok Yunani Kuno (sekitar tahun 1000 SM sampai sekitar tahun 476) untuk menjadi warga negara yang baik sesuai impian negara serta mengakibatkan penduduknya sebagai insan harmonis.

Pada waktu itu kata gymnos atau gymnastics, mengandung arti yang sangat luas, tidak terbatas pada pengertian ibarat yang dikenal ketika ini. Kata ini mengatakan pada kegiatan olahraga ibarat gulat, atletik dan bertinju. Dengan berkembangnya zaman, arti yang dikandung pada kata gymnastics semakin menyempit dan diubahsuaikan dengan kebutuhannya.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html