Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-Ciri dan Contohnya
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya

Pasar berdasarkan struktur dibedakan menjadi empat macam yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni ialah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.

Atau sanggup pula diartikan bahwa pasar persaingan sempurna ialah pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang sanggup mempengaruhi harga.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan tepat mempunyai ciri-ciri berikut ini.
1) Banyak penjual dan pembeli.

2) Barang yang diperjualbelikan sejenis (homogen).
3) Penjual maupun pembeli mempunyai info yang lengkap wacana pasar.
4) Harga ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar.
6) Tidak ada campur tangan pemerintah.

Contoh pasar persaingan sempurna

Contoh pasar persaingan tepat diantaranya ialah pasar hasil-hasil pertanian, pasar sayur, pasar kurma, pasar buah dan lain-lain.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna.

Berikut ini ialah Kelebihan pasar persaingan sempurna:

– Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak aktivitas saling menyaingi antarpembeli.

– Penjual mustahil mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, alasannya harga pasar ialah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.

– Barang yang ditawarkan penjual akan laris berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.

– Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk menciptakan pasar alasannya adanya homogenitas barang.

– Informasi wacana pasar telah diketahui oleh tentangan perjuangan dan perjuangan untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, alasannya jumlah tentangan sangat tidak terbatas. (https://blog.fe-saburai.ac.id/pengertian-seni-rupa-murni-jenis-gambar-dan-10-contohnya/)

– Konsumen tidak perlu beradu tegang wacana tawar-menawar harga barang alasannya harga tidak sanggup dipengaruhi oleh siapapun.

Kelemahan pasar persaingan sempurna

Selain mempunyai beberapa kebaikan, pasar persaingan tepat mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut:

– Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan tepat teknologi sanggup dicontoh dengan gampang oleh perusahaan lain.

– Membatasi pilihan konsumen, alasannya barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan ialah seratus persen sama, sehingga menciptakan konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk memilih barang yang akan dikonsumsinya.

– Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.