Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli
Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli

Setiawan dan Ghozali (2006:159)

Menurut Setiawan dan Ghozali, Kepuasan Kerja ialah kondisi menyenangkan atau secara emosional positif yang berasal dari penilaian seseorang atas pekerjaannya atau pengalaman kerjanya.

Robbins & Judge (2008:107)

Menurut Robbins & Judge, Kepuasan Kerja ialah suatu perasaan positif perihal pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari sebuah penilaian karakteristiknya.

Handoko (2001:193)

Menurut Handoko, Kepuasan Kerja ialah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dengan mana para karyawan memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya.

Luthans (2006:243)

Menurut Luthans, Kepuasan Kerja ialah kasil dari persepsi karyawan mengenai seberapa baik pekerjaan mereka menunjukkan hal yang dinilai penting.

Susilo Martoyo (1992 : 115)

Menurut Susilo Martoyo, Kepuasan Kerja ialah salah satu aspek psikologis yang mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya,ia akan merasa puas dengan adanya kesesuaian antara kemampuan, keterampilan dan harapannya dengan pekerjaan yang ia hadapi.

Tiffin (1958)

Menurut Tiffin dalam Moch. As’ad (1995:104) kepuasan kerja berafiliasi dekat dengan perilaku dari karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerjasama antara pimpinan dengan karyawan. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

Blum (1956)

Menurut Blum dalam Moch. As’ad (1995:104), Kepuasan Kerja ialah perilaku umum yang merupakan hasil dari beberapa perilaku khusus terhadap faktor-faktor pekerjaan, pembiasaan diri dan relasi sosial individu diluar kerja.

Hasibuan (2001:202)

Menurut Hasibuan, Kepuasan Kerja ialah perilaku emosional yang menyenangkan dan mengasihi pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh watak kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Kepuasan kerja dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan, dan kombinasi dalam dan luar pekerjaan.

Stephen P. Robbins (1996:26)

Menurut Stephen P. Robbins, Kepuasan Kerja ialah suatu perilaku umum terhadap pekerjaan seseorang, selisih antara banyaknya ganjaran yang diterima seorang pegawai dan banyaknya yang mereka yakini apa yang seharusnya mereka terima.

Davis (1995:105)

Menurut Davis, Kepuasan kerja ialah kepuasan pegawai terhadap pekerjaannya antara apa yang dibutuhkan pegawai dari pekerjaan/kantornya.

Robbins (1996:179)

Menurut Robbins, Kepuasan kerja ialah suatu perilaku umun seorang individu terhadap pekerjaannya. Pekerjaan menuntut interaksi dengan rekan kerja, atasan, peraturan dan kebijakan organisasi, standar kinerja, kondisi kerja dan sebagainya.