Umum

Pengertian Biosfer

Pengertian Biosfer

Pengertian BiosferPengertian Biosfer

Biosfer adalah bagian terluar dari Bumi yang meliputi udara, daratan, serta air, yang memungkinkan berlangsungnya proses biotik itu sendiri dan terjadinya kehidupan di dalamnya. Pengertian biosfer secara geofisiologi adalah suatu sistem ekologis(kehidupan) global yang menyatukan seluruh makhluk hidup yang ada didalamnya serta adanya hubungan antar mereka, termasuk didalamnya hubungannya dengan unsur hidrosfer (air), atmosfer (udara) Bumi, dan litosfer (batuan). Planet Bumi merupakan planet yang mendukung adanya kehidupan itu sendiri beserta interaksinya, bahkan bisa dibilang satu satunya tempat. Planet Bumi telah dianggap sebagai biosfer sudah sekitar 3,5 miliar tahun dari usia planet bumi itu sendiri yang mempunyai usia kira kira 4,5 miliar.

Setiap makhluk hidup mempunyai tempatnya sendiri sendiri pada biosfer untuk kelangsungan hidupnya dengan cara mereka sendiri. Tempat hidup makhluk hidup itu sendiri biasa disebut habitat. Setiap makhluk hidup mempunyai habitat mereka sendiri sesuai dengan yang dikehendakinya, semuanya terjadi untuk kelangsungan hidup mereka dalam kondisi tertentu yang mana kondisi tersebut haruslah menjadikan mereka nyaman dan dapat bertahan hidup pada lapisan planet Bumi. Bisa ditarik kesimpulan, bahwa biosfer bisa juga diartikan sebagai suatu tempat yang dapat mendukung kelangsungan hidup suatu makhluk atau organisme.

hidup atau organisme Istilah biosfer, diambil dari bahasa Yunani, yaitu “bio” yang berarti “hidup” dan “sphere” berarti “lapisan”. Jadi, secara sederhana bisa diartikan bahwa pengertian biosfer adalah lapisan tempat makhluk hidup berkembang biak dan hidup. Makhluk yang ada di permukaan bumi terdiri dari 3 golongan, yaitu manusia, hewan, serta tumbuhan.

Biosfer, umunya dapat digolongkan menjadi 2 biosiklus(lingkungan hidup), yaitu daratan dan perairan. Biosiklus daratan itu sendiri terbentuk dari beberapa bagian kecil biosiklus yang dinamakan bioma. Bioma adalah bentangan lahan yang mempunyai ciri khusus mengikuti siklus iklim yang terjadi didalamnya, yang terdefinisi dengan adanya lora dan fauna jenis tertentu.

Didalam permukaaan bumi yang terbagi dalam beberapa zona dan subzone, mempunyai beberapa jenis flora dan fauna yang beragam sesuai iklim dan kondisi lingkungan tiap zona. Flora dan fauna yang hidup dan berkembang biak pada bioma dinamakan biota. Biota-biota tersebut tentu saja menyesuaikan hidup dengan lingkungannya. Bentuk penyesuaian diri sebuah organisme atau makhluk hidup terhadap lingkungannya dinamakan adaptasi. Dua (2)atau lebih spesies makhluk hidup dapat bertahan menempati pada habitat yang sama, namun mempunyai relung (nisia) yang berbeda . Nisia bisa diartikan sebagai sebuah status fungsional organisme didalam sebuah ekosistem. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa pendapat para ahli tentang pengertian biosfer.
Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

James Lovelock
Menurut James Lovelock, biosfer adalah organisme hidup yang disebut dengan hipotesa gaia. Hipotesa gaia adalah suatu penalaran yang menjelaskan tentang bagaimana faktor abiotik dan faktor biotik berinteraksi dalam satu lingkungan.
Michael Allaby
Menurut Michael Allaby, biosfer adalah sebuah organisme beserta lingkungan hidupnya pada saat mereka ditemukan, dan mereka berinteraksi sehingga membentuk sebuah sistem kelompok yang bertujuan menyelaraskan keseluruhan ekosisitem di planet bumi.
Eduard Suess
Menurut Eduard Sues, biosfer adalah sebuah tempat yang terletak di permukaan bumi yang mana disana terjadinya kehidupan antar organisme berlangsung. Eduard Sues merupakan ahli Geologi.
Vladimir wanouich veinadsky
Pengertian biosfer adalah suatu sistem yang telah terjadi dan telah berkembang biak sejak awal munculnya planet bumi.
Jhon Wiley
Menurut Jhon Wiley, biosfer bisa diartikan sebagai sebuah bagian dari planet bumi dimana didalamnya terdapat kehidupan yang alamiah atau natural, dimana bagian tersebut diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer lebih rendah.

Tingkatan Organisasi Mahluk Hidup
Makhluk hidup yang berkembang biak di planet bumi mempunyai beberapa tingkatan organisasi, diantaranya
Protoplasma
Protoplasma itu sendiri merupakan zat yang hidup dan berkembang biak di dalam sel, terdiri atas senyawa organik kompleks seperti lemak, protein, mineral dan sebagainya.
Sel
Sel adalah satuan terkecil dari organisme atau mahkluk hidup yang terdiri dari protoplasama dan inti yang terdapat pada membran.
Jaringan
Jaringan adalah gabungan dari beberapa sel menjadi satu jaringan yang membentuk satu bentuk dan fungsi yang sama, misalnya jaringan otot.
Organ
Organ adalah bagian dari makhluk hidup atau organisme yang mempunyai fungsi tertentu, seperti telinga pada manusia, dan lain sebagainya.
Sistem Organ
Sistem organ bisa diartikan sebagai sebuah kondisi kebersamaan atau kerja sama struktural dan fungsional secara harmonis.
Organisme
Organisme dapat disebut juga dengan makhluk hidup.
Populasi
Populasi bisa diartikan sebagai satu kelompok atau kesatuan dari organisme atau makhluk hidup sejenis yang hidup dan berkembang biak di suatu wilayah atau daerah tertentu.
Ekosistem
Ekosistem adalah suatu tatanan atau lingkungan yang menyatukan semua unsur lingkungan hidup dan dapat terbentuk untuk saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain.
Komunitas
Komunitas terbentuk dari bermacam populasi yang ada pada daerah tertentu.

 

 

Pos-pos Terbaru