Pendidikan

Pengendalian Dampak Negatif

Pengendalian Dampak Negatif

Menurut Suparlan Al Hakim (2014:302) Cara mengendalikan dampak negatif globalisasi yang dapat dilakukan untuk mengahdapi dampak utamanya negatif adalah sebagai berikut:

(1)               Pendidikan

Daya tahan dan daya dangkal sebagai pengendalian dalam mengahdapi globalisasi yang berdampak negatif, harus dilakukan pada setiap individu sebagai warga negara. Cara yang dapat ditempuh antara lain melalui pendidikan baik formal, informal maupun non formal.

Upaya  pendidikan, harus sampai pada terwujudnya warga negara dengan kepribadian yang di dalamnya terintegrasi norma-norma/ nilai-nilai berdasarkan pandangan hidup bangsanya. Pengendalian diharapkan agar setiap individu mampu menjadi warga negara yang berkualitas, dalam arti harus menjadi penghayat dan pengamal terbaik norma-norma/ nilai-nilai yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

(2)               Cara Regulatif

Masyarakat tidak seluruhnya memiliki kesadaran untuk mengatasi, dan kemampuan untuk mengendalikan diri dalam mengahadapi dampak negatif globalisasi, maka pemerintah harus berusaha menjalankan peranannya secara sungguh-sungguh dan ketat untuk mengatur dengan mengeluarkan peraturan (regulasi). Pengawasan terhadap tempat hiburan yang terbuka untuk umum yang disediakan orang dewasa, sepatutnya pihak yang berwenang melakukan usaha mencegah generasi muda yang bermaksud ikut menikmatinya.

sumber :

https://thesrirachacookbook.com/seva-mobil-bekas/