Pendidikan

 Penerapan Teori Pertukaran Sosial

 Penerapan Teori Pertukaran Sosial


Kalau kita berteman dengan seseorang, mungkinkah kita tidak mengharapkan sesuatu apapun darinya? Kita ingin dia membantu kita dalam kesusahan, mendengar dan memberi nasihat tatkala kita membutuhkan, menghibur tatkala lagi be-te, dan seterusnya. Mengapa hal ini terjadi? Karena memang persahabatan juga membutuhkan ”biaya”, dan setelah biaya itu dibayarkan dalam persahabatan tentu kita membutuhkan imbalan dari biaya tersebut.
Hal-hal individualistik seperti ini yang menjadi dasar pijak teori pertukaran sosial, sebuah teori sosial yang bersandar pada perilaku antar individu. Berdasarkan teori Kelly dan Thibaut yang memaparkan setiap individu secara sukarela memasuki dan tinggal dalam hubungan sosial hanya selama hubungan tersebut cukup memuaskan ditinjau dari segi ganjaran dan biaya. Ini berarti, walau bagaimanapun, dalam sebuah hubungan interpersonal, seorang individu pasti mengharapkan ”biaya” atau pengorbanan yang sama bahkan lebih dari ”biaya” yang telah keluarkan oleh individu tersebut.
Hal di atas tidak jauh berbeda apabila individu tersebut sedang bergabung dalam sebuah kelompok. Misalnya seorang remaja yang bergabung dengan sebuah gank. Sesaat setelah terbentuknya gank, setiap anggota saling memberikan ”hadiah” yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan ikatan gank tersebut. Hadiah yang dimaksud bisa berupa materi maupun nonmateri. Dalam pertukaran ”hadiah” tersebut tentu saja tidak bisa selamanya setara. Maka ketimpangan pertukaran ”hadiah” tersebut bisa menimbulkan perbedaan kekuasaan dalam gank tersebut. Contohnya, dalam sebuah gank yang terdiri dari lima orang remaja, si A lebih sering mentraktir ataupun memberikan fasilitas yang lebih pada teman-temannya. Perlakuan si A tersebut merupakan sebuah ”hadiah”. Maka, kemungkinan besar, pendapat si A akan lebih didengar oleh teman-temannya, sebagai imbalan dia telah memberikan ”hadiah” yang lebih dibandingkan ”hadiah” diberikan empat orang temannya yang lain.

baca juga :