Pendidikan

PENDEKATAN ILMIAH YANG RELEVAN

PENDEKATAN ILMIAH YANG RELEVAN

     Penelitian agama adalah pnelitian tentang agama dalam arti ajaran, bilief ( sistem kepercayaan) atau sebagai fenomena budaya;dan agama dalam arti keberagamaan (Religiousity),perilaku beragama atau sebagai fenomena social.karena itu, diperlukan teori ilmiah yang relavan untuk penelitian agama.

  1. Sosiologi agama;dirimuskan secara luas sebagai suatu studi tentang inter-relasi dari agama dan masyarakat.angapan para sosiolog bahwa dorongan-dorongan, gagasan-gagasan dan kelembagaan agama mempengaruhi, dan sebaliknya juga dipengaruhi,oleh kekuatan-keuatan sosial adalah tepat.
  2. Antropologi sosial agama.antropologi social agama berkaitan dengan soal upacara,kepercayaan,tindakan dan kebiasaan yang tetap dalam masyarakat sebelum mengenal tulisan,yang menunjuk pada apa yang diangap suci dan super natural.antropologi agama memandang agama sebagai fenomena cultural dalam pengungkapannya yang beragam,khususnya tentang kebiasaan,peribadatan dan kepercayaan dalam hubungan-hubungan social.
  3. psikologi agama adalah studi mengenai aspek psikologis dari perilaku beragama baik sebagai individu(aspek individuo-psikologis )maupun secara berkelompok atau anggota-anggota dari suatu kelompok (aspek sosio-psikologis). Aspek psikologis dari perilaku beragama berupa pengalaman religius, seperti berikut:
  4. a)ketika seseorang berada dalam puncak spiritual seperti mi’rajnya nabi menghadap sang khalik, atau ketika seorang muslim khusyu  dalam sholat tau orang kristiani dalam doa dan nyayian.
  5. b)Ketika seseorang menerima wahyu/ilham/mendengarkan suara hati, ketika  berkomunikasi dengan sang khalik,yang ilahi dan supranatural.
  6. c)Ketika suatu kelompok larut dalam suasana emosional dan sekaligus spiritual,seperti kaum syi’ah memperingati tragedi Karballa pada tanggal 10 assyura, atau ketika warga NU menyenlenggarakan istighasah.
  7. d)Ketika mengalami masa liminalitas yaitu masa yang tidak menentu, kacau, ambigu, menghadapi cobaan/tantangan seperti saat salah satu anggota keluarga/orang yang di cintai meninggal dunia, seorang ibu akan melahirkan,seorang perawan akan menuju pelaminan dan lain sebagainya.
  8. Sejarah agama. Secara ekstrim dapat di katakana bahwa agama dan keberagamaan adalah produk sejarah. Al Qur’an sebagian besar berisi tentang sejarah dan ilmu ilmu keislaman. Sejarah islam merupakan bagian dari ilmu ilmu keislaman yang amat penting di ajarkan di lembaga-lembaga pendidikan islam.

 

Sumber :

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/07/08/jasa-penulis-artikel/