Pendidikan

Pemenuhan kebutuhan sekunder

Pemenuhan kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder manusia timbul setelah kebutuhan primernya terpenuhi, terutama berupa kebutuhan akibat manusia makin memerlukan hubungan dengan manusia lain. Antara lain diperlukan industri untuk memenuhi kebutuhan secara missal, transfortasi yang diperlukan untuk menyangkut  barang-barang kbutuhan dari satu daerah ke daerah yang lain atau diperlukan untuk hubungan manusia dari satu daerah ke daerah lain, kesehatan semakin terjamin dan sebagainya.

3.Dampak perkembangan iptek dari pembangunan industry

Teknologi merupakan cara yang harus dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhanya yang makin meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya. Karena itu diperlukan alih teknologi dari Negara-negara maju ke Negara-negara berkembang. Proses pengambilaliha teknologi ini memerlukan perhitungan yang matang agar teknologi yang baru dapat diterima dan digunakan oleh masyarakat waktu itu. Serta sifatnya melindungi teknologi yang telah ada.

Secara positif industry memang memberikan kegunaan besar pada manusia, tetapi dampak sampingannya berupa limbah industry dapat pula menimbulkan gangguan bagi penduduk yang bertempat tinggal di sekitar kawasan industry.

Untuk memenuhi kehidupan hidupnya,manusia membutuhkan berbagai macam barang.pada mulahnya barang-barang itu dibuat dengan tangan. kemudian dengan kemampuan berpikir manusia dapat menciptakan mesin-mesin untuk membuat barang-barang itu.Dengan mesin-mesin itu baik jumlah maupun kualitas barang dapat ditingkatkan .jadi singkatnya mesin-mesin hasil teknologi ilmu pengetahuan alam itu ialah telah banyak membantu manusia dalam memperoleh barang kebutuhannya.Namun setiap kali ada keuntungan ternyata selalu ada kerugiaannya bagi manusian bila tidak berhati-hati menggunakan mesin-mesin industry itu.berikut ini adalah beberapa contohnya. kita liat industry itu dalam tiga komponennya itu masukan(input), proses, dan hasil-hasil(output).dari segi masukan,industry mtu industry mempunyai dampak negatif misalnya,suatu industry pembuatan kayu lapis membutuhkan bahan baku berupa kayu gelondongan sebesar satu ton setiap hari,maka si pengusaha selalu berpikir akan adanya persediaan kayu sebanyak itu setiap hari agar supaya perusahaannya memperoleh keuntungan.yang seiring terjadi adalah bahwa bahan baku itu tidak ataukurang memperhatikan batas toleransi dari sumber daya hutan dimana kayu itu berasal sehingga yang terjadi adalah kerusakan lingkungan khususnya sumber daya hutan tersebut.

 

sumber :