Pendidikan

PEMBANGUNAN APARATUR YG BERHASILGUNA (EFEKTIF)

PEMBANGUNAN APARATUR YG BERHASILGUNA (EFEKTIF)

  1. Konsep dan ide baru datang dari org yg berpikir kreatif dan bertindak inovatif.

Birokrasi setiap tahun anggaran dituntut untuk selalu membuat program pembangunan yang baru dengan kreativitas dan inovasi para aparatur. Program yang diharapkan adalah terciptanya program yang terwujud dalam kegiatan yang terpadu, berkelanjutan, efektif, dan efisien. Hal tersebut diperlukan inovasi program pembangunan secara lebih kreatif, dan menghindari kesan mengarang-arang program kegiatan hanya untuk mendapatkan semaksimal mungkin anggaran. Bahkan banyak terjadi kegiatan yang kurang perlu dilakukan seakan-akan dipaksakan untuk dijalankan.

Pola pikir kreatif dan inovatif yang visioner sesuai dengan visi dan misi yang telah digariskan, perlu ditindaklanjuti dengan komitmen bersama dalam melaksanakannya. Banyak permasalahan pembangunan yang berdampak negatif hasil dari kebijakan-kebijakan yang kurang tepat, sehingga perlu peninjauan kembali dengan analisis kebijakan publik yang tepat.

Program pengembangan pelayanan publik perlu menjadi prioritas dengan pemikiran kreatif dan inovatif dari para aparatur penyelenggara negara. Perbaikan kualitas pelayanan akan membuat masyarakat merasa diperhatikan dengan seksama kebutuhan-kebutuhan pokok atau primer maupun sekundernya. Hal ini memerlukan kreativitas dan inovasi yang dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk mengembangan pelayanan publik yang berpihak kepada rakyat. Manajemen pelayanan dapat dikembangkan dengan penyusunan standar pelayanan yang baku pada setiap lembaga pemerintah, penyusunan standart operating Procedures (SOP), penyusunan standar pelayanan minimal, pengukuran kinerja pelayanan, pengelolaan pengaduan, pengukuran indeks kepuasan masyarakat, serta penerapan konsep manajemen kualitas dengan menerapkan manajemen mutu terpadu (total quality management), dan Sertifikasi International for Standarization Organization (ISO

sumber ;

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/