Teknologi

Mengenal Format Post di Blog WordPress

Mengenal Format Post di Blog Wordpress

Mengenal Format Post di Blog WordPress

 

Mengenal Format Post di Blog WordPress
Mengenal Format Post di Blog WordPress

Salah satu fitur baru WordPress yang saya sukai adalah Format Post. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak munculnya WordPress versi 3.1 namun saya telat mengulas fitur ini.. hehe. Jadi sebenarnya apa itu format post di WordPress? Sebelum WordPress meluncurkan fitur ini Tumblr telah lebih dulu menyediakan fitur ini. Di Tumblr, format yang disediakan ada 7, yaitu text, photos, links, quotes, chat, audio, dan video. Di WordPress agak berbeda sedikit dan lebih banyak, yaitu 10 format, antara lain; Standard, Aside, Gallery, Link, Image, Quote, Status, Video, Audio, dan Chat. Menurut saya ada 2 kelemahan yang di masa depan harus diperbaiki oleh WordPress, yaitu :

Format Post di WordPress hanya dapat diterapkan pada WordPress Theme yang mendukung fitur ini. Secara teori memang ada 10 macam format post yang didukung, namun sekali lagi, itu tergantung theme yang digunakan, ada yang hanya mendukung 3, ada yang 7, dan jarang yang mendukung 10 format post.. hehe. Theme TwentyEleven sudah mendukung fitur ini, namun TwentyTen baru mendukung 3 macam format. So, langkah pertama untuk dapat menikmati fitur ini adalah : GANTI THEME SEKARANG JUGA ! Nyarinya gimana? LIhat saja disini.
Kalau kamu pernah posting di Tumblr, kamu pasti akan merasa kerepotan ketika posting menggunakan format post di WordPress. Kenapa? Karena untuk posting dengan format Image, Quotes, Aside, Link, Status, Video, dan Aside kita tetap harus memberikan post title atau judul post meskipun di halaman blog kamu judul tersebut tidak akan muncul. Selain itu, form untuk memasukkan URL Video, Audio, Author untuk Quotes, dan Link terletak di bawah form konten post. Jadi harus scroll ke bawah dulu biar formnya kelihatan. Menurut pendapat saya, hal ini harusnya dipermudah seperti di Tumblr, toh format ini menurut saya memang meniru Tumblr.

Daripada kita mencari-cari kekurangan WordPress melulu dan gak posting-posting, lebih baik saya lanjutkan tulisan saya Mengenal Format Post di Blog WordPress. Seperti yang saya sebutkan di atas, ada 10 macam format post (sesuai http://codex.wordpress.org/Post_Formats). Untuk screenshot di bawah ini saya menggunkan Theme Quede buatan Web2Feel.com yang baru mendukung 8 format post. Itu sebabnya ada beberapa point yang tidak ada screenshotnya.

1. Standar. Ini adalah format standar yaitu judul post dan konten berupa tulisan, gambar, atau embed video.

2. Aside. Kalau kamu suka posting tanpa judul seperti status facebook, kamu

bisa menggunakan format ini.

3. Gallery. Ada kalanya kita harus membuat posting berupa galeri gambar, nah format ini bisa menjadi solusinya.

4. Link. Dengan format Link kamu bisa posting berupa link situs atau blog lain dengan menambahkan deskripsi.

5. Image. Seperti di Tumblr, format Image hanya menampilkan gambar dan teks saja, tanpa judul.

6. Quote. Buat kamu yang hobi posting kutipan atau quotes pasti suka dengan fitur ini. Posting kamu akan tampil tanpa judul dan hanya berupa quotes dan authornya.

7. Status. Ini adalah fitur yang tidak ada di Tumblr. Dengan format Status, post

akan tampil seperti status update di Twitter. Ada profil picture dan update status.

8. Video. Format Video akan menampilkan post tanpa judul. Saat posting kamu hanya perlu memasukkkan URL video di youtube atau vimeo.

9. Audio. Format audio akan menampilkan post dalam bentuk kontrol audio berupa play, pause, dan volume.

10. Chat. Seperti namanya, format Chat akan menampilkan post dalam bentuk

percakapan.

Inilah 10 format post yang disediakan oleh WordPress, untuk dapat menggunakannya sekali lagi tergantung Theme yang kamu gunakan. Ngonoo lho..

Baca Juga: