Pendidikan

Mempersiapkan SDM

Mempersiapkan SDM

Mempersiapkan SDM

Mempersiapkan SDM

Bidang teknologi informasi tergolong bidang baru dibandingkan dengan bidang-bidang pekerjaan lainnya.Hal itu menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber daya manusia dan tenaga kerja di bidang ini.Untuk mengatasi kelangkaan tenaga kerja tersebut, perlu dilakukan langkah-langkah terpadu untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang tersebut sejak dini. Apalagi Indonesia yang dikenal sebagai pengirim tenaga kerja keluar negeri, memiliki potensi untuk mengirimkan tenaga kerja terlatih (skill worker). Menjelang era globalisasi informasi ini mempunyai dampak terhadap aspek kehidupan kita. Informasi tentang turunnya nilai dollar terhadap yen, misalnya, segera terlihat dampaknya terhadap berbagai hal, antara lain dalam perubahan harga barang-barang import dari Jepang, dalam arus wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang, dalam jumlah hutang luar negeri Indonesia dinyatakan dalam rupiah.

Beberapa hal yang dilakukan di Indonesia antara lain adalah membuka berbagai program pendidikan di bidangTeknologi Informasi seperti misalnya:

  1. Program Sekolah 2000.

Program Sekolah 2000 merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia yang bertujuan untuk menjaring sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dengan Internet. Dengan program tersebut maka diharapkan pelajar di Indonesia sudah berkenalan dengan Internet sejak dini sehingga membuka akses informasi dan pengetahuan yang tidak terbatas dengan dunia luar.

  1.  Program SMK Teknologi Informasi

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang bertujuan mencetak tenaga kerja yang siap pakai dalam kegiatan operasional. Adanya SMK TI, diharapkan bahwa lulusan SMK dapat dikaryakan secara profesional di bagian-bagian seperto operator, technical support, help desk, atau web designer.

  1. Program Diploma Teknologi Informasi

Hampir sama dengan SMK, program diploma ini juga diharapkan menjadi tenaga kerja yang siap digunakan dan terampil di bidangnya. Banyak perusahaan meninginkan tenaga kerja yang siap pakai, tetapi lebih berpengalaman seperti yang diharapkan pada level ini.

  1. Program Pendidikan Sarjana Teknologi Informasi

Program pendidikan sarjana, menghasilkan lulusan yang tidak hanya terampil, tetapi dilengkapi dengan kemampuan analisis dan perancangan sistem yang kuat. Program sarjana tidak hanya meluluskan seseorang dengan kualitas programmer, tetapi diharapkan juga mampu menghasilkan insan-insan software enginer yang baru.

 Selain tingkat pendidikan formal seperti di atas, perlu dilakukan kegiatan-kegiatan pendidikan nonfromal seperti misalnya kursus bidang TI, sampai pada sertifikasi. Tetapi, pendidikan dalam bentuk training umumnya cukup mahal. Oleh karena itu, perlu dikembangkan paket-paket pelatihan yang terjangkau. Dalam hal ini, peran pemerintah sangat diperlukan dalam rangka membantu proses pendidikan maupun penambahan fasilitas yang lebih memadai.

Tujuan pengembangan sumber daya manusia sebagai produktivitas kerja, efisisensi, kerusakan, kecelakaan, pelayanan, moral, karier, konseptual, kepemimpinan, balas jasa, dan konsumen.


Sumber: https://ntclibya.com/tukang-konten/