Pendidikan

Macam-macam Lempar

Macam-macam Lempar

Macam-macam Lempar

lempar lembing

lempar cakram

  1. Lempar Lembing
    Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m.2. Lembing terbuat dari bambu dengan mata lembing terbuat dari logam
  2. Untuk putra panjang 260 cm, berat 800 gr
  3. Untuk putri panjang 200 cm, berat 600 gr
  4. Cara memegang lembing
  5. Dipegang di atas bahu, ujung lembing ke atas
  6. Dipegang di depan dada , ujung lembing ke bawah
  7. Dipegang di belakang, menempel pada tangan yang memegang lembing diluruskan

4Hak melempar

  1. Mempunyai hak melempar 3 kali
  2. Melempar harus dengan 1 tangan

5 Diskualifikasi

  1. Lembing tidak dipegang pada pembalutnya
  2. 2 menit dipanggil belum melempar
  3. Menyentuh besi batas lemparan sebelah atas
  4. keluar lewat garis sektor lempar setelah melempar
  5. Lembing jatuh di luar garis sektor lempar
  6. Ujung lembing tidak membekas pada tanah
  7. Lempar Cakram

Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik. Cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.Lempar cakram diperlombakan sejak olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.

Cara melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong kedepan. Latihan dasar menggunakan ring karet atu rotan
1. Diawali dgn sikap tegap
2. langkahkan slah satu kaki sambil mengayunkan ring ke depan
3. lanjutkan ayunan hingga mengelilingi tubuh, jaga agar lengan memegang ring tetap lurus dan berada dibawah ketinggian bahu
4. langkahkan kaki lurus ke depan ( berlawanan dgn arah tangan.ikuti gerakan pinggul dan dada ke depan.kemudian lepaskan ring,ayunkan tangan ke atas dan langkahkan kaki belakang ke depan

Cara memegang cakram
Pegang dgn buku ujung jari2 tangan, ibu jari memegang samping cakram, kemudian pergelangan tangan ditekuk sedikit ke dalam Mengayunkan cakram
Ayunkan cakram dgn ring ke depan dank e belakang di samping tubuh.pada saat mengayunkan cakram,tangan yg memegang cakram direntangkan sampai lurus.jangan sampai lepas