Umum

Latar Belakang Penyuluhan di Bidang Ekowisata

Latar Belakang Penyuluhan di Bidang Ekowisata

Latar Belakang Penyuluhan di Bidang Ekowisata

Latar Belakang

Peningkatan peran dan fungsi pariwisata yang telah dilakukan sampai saat ini hanya mengacu pada fungsi ekonomi tanpa adanya perhatian terhadap lingkungan pariwisata. Adanya pariwisata yang saat ini semakin berkembang tidak hanya memberikan dampak positif. Akan tetapi kehadiran pariwisata yang saat ini semakin mencuak banyak memberikan dampak negatif seperti lingkungan yang kurang lestari akibat dari pembuangan sampah yang sembarangan, pembangunan sarana prasarana yang mengakibatkan keanekaragaman hayati berkurang, serta penduduk lokal yang semakin terpinggirkan.
Searah dengan perkembangan zaman, negara-negara berkembang di dunia mulai memberikan perhatian lebih untuk memberdayakan pengembangan wisata salah satunya di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai suatu alternatif dengan maksud mengantisipasi terjadinya penurunan kepopuleran pariwisata kalangan orang banyak. Alternatif pariwisata yang dimaksud tentunya memiliki kriteria yang ramah terhadap lingkungan serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama penduduk si sekitar kawasan. Salah satu alternatif yang tepat adalah dengan adanya kegiatan ekowisata.
Ekowisata merupakan perjalanan wisata ke suatu lingkungan baik alam yang alami maupun buatan serta budaya yang ada yang bersifat informatif dan partisipatif yang bertujuan untuk menjamin kelestarian alam dan sosial-budaya. Jadi, kegiatan ekowisata secara langsung memberi akses kepada orang secara massal untuk melihat, mengetahui, dan menikmati pemandangan yang tersedi di alam dan bentuk budaya masyarakat di sekitar kawasan. Kegiatan ekowisata secara langsung memberikan waktu terhadap wisatawan-wisatawan untuk melihat dan merasakan keindahan alam serta budaya sehingga berkeinginan lebih jauh untuk dipelajari terutama pentingnya keragaman jenis mahluk hidup yang terdapat di dalamnya dan budaya lokal yang berkembang di kawasan tersebut. Selanjutnya, kehadiran kegiatan ekowisata memberikan manfaat dalam pestarian alam. Selain manfaat tersebut, ekowisata dapat menambah penghasilan khususnya bagi masyarakat di sekitar kawasan yang menjadikan sebagai tempat wisata sehingga memicu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Akan tetapi, kehadiran ekowisata tersebut masih belum bisa dibedakan oleh masyarakat lokal sebagai penyedia jasa lingkungan yang lestari. Sehingga masih terdapat kegiatan ekowisata yang tidak memperhatikan lingkungan serat keanekaragaman di dalamnya. Untuk itu, salah satu bentuk untuk meminimalisir kejadian tersebut adalah dengan adanya penyuluhan di bidang ekowisata. Penyuluhan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memanfaatkan ekoswisata sebagai suatu kegiatan wisata yang tetap menjaga lingkungan serta sosial budaya yang tidak terlepas dari perhatian fungsi ekonominya.

Pos-pos Terbaru