Pendidikan

Konsep Pembudayaan Karakter Bangsa

Konsep Pembudayaan Karakter Bangsa

            Ketika bangsa Indonesia bersepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, para bapak pendiri bangsa menyadari bahwa paling tidak ada tiga tantangan besar yang harus dihadapi. Pertama, adalah mendirikan negara yang bersatu dan berdaulat, kedua adalah membangun bangsa, dan ketiga adalah membangun karakter. Pada implementasinya kemudian upaya mendirikan negara relatif lebih cepat jika dibandingkan dengan upaya untuk membangun bangsa dan membangun karakter.

2.1.1 Pengertian Pembudayaan

            Pembudayaan mempunyai arti setingkat lebih tinggi dari Pemsyarakatan. Pemsyarakatan adalah mensosialisasikan kepada seluruh warga masyarakat tentang nilai-nilai yang perlu diketahui, sekaligus sebagai masalah yang mungkin muncul dalam melaksanakan nilai-nilai yang demikian fundamental bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara .

 Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia (Wiyono, 2016:121).

Sementara definisi Kebudayaan yang cukup lama dikenal adalah dari Menurut Edward Burnett Tylor (Wiyono, 2016:122) menjelaskan bahwa Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Koentjaraningrat (Wiyono, 2016:122)  kebudayaan ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan melalui belajar.

Berdasarkan pengertian di atas maka bila kita berbicara tentang pembudayaan nilai-nilai pancasila yang merupakan sumber dari karakter bangsa, berarti kita berbicara tentang perwujudan nilai-nilai pancasila itu (1) dalam gagasan nilai, norma dan peraturan, (2) dalam aktivitas serta tindakan terpola dari manusia, dan (3) wujud hasil cipta manusia.

sumber :