Perikanan

Komersialisme

Komersialisme

Pers harus mempunyai kekuatan dan keseimbang-an. Kekuatan untuk mencapai cita-cita, dan keselmbangan dalam mempertahankan nilai-nilai profesi yang diyakininya. Agar mendapat kekuatan, maka pers harus berorientasi kepada kepentingan kornersial. Seperti ditegaskan Pasal 3 ayat (2) UU No. 40 Tahun 1999, pers nasional dapat berfungsi Sebagai lembaga ekonomi. Sebagai tembaga ekonomi penerbitan pers harus dijalankan dengan merujuk pada peildekatan kaidah ekonomi, efisiensi dan efektivitas. Secara manajerial perusahaan, pers harus memetik untung dan sejauh mungkin menghindari kerugian. Pers dalam kerangka ini, tidak bisa dilepaskan : dari muatan nilai bishis komersial sesuai dengan pertimbangan dan tuntutan pasar. Hanya dengan ( berpijak pada nilai-nilai komersial, penerbitan pers bisa mencapai cita-citanya yang ideal.

  1. Profesionalisme.

Profesionalisme adalah isme atau paham) yang menilai tinggi keahlian profesional khusus-nya, atau kemampuan pribadi pada umumnya, sebagai alat utama untuk mencapai keberhasilan. Seseorang bisa disebut profesional apabila dia  memenuhi lima ciri berikut.

1)      Memiliki keahlian tertentu yang diperoleh melalui penempaan pengalaman, pelatihan, atau pendidikan khusus di bidangnya.

2)      Mendepat gaji, honorarium atau imbalan materi yang layak sesuai dengan keahlian, tingkat pendidikan, atau pengalaman yang diperolehnya

3)      Seluruh sikap, perilaku, dan aktivitas pekerjaannya dipagari dengan dan dipengaruhi oleh keterikatan dirinya secara moral dan etika terhadap kode etik profesi.

4)      Secara sukareia bersedia untuk bergabung dalam salah satu organisasi profesi yang sesuai dengan keahliannya.

5)      Memiliki kecintaan dan dedikasi luar biasa terhadap bidang pekedaan profesi yang dipilih dan ditekuninya. Tidak semua orang mampu melaksanakan pekerjaan profesi tersebut. Hal ini dikarenakan membutuhkan penguasaan ketrampilan atau keahlian tertentu.

Dengan merujuk kepada enam syarat di atas, maka jelas pers termasuk bidang pekerjaan yang mensyaratkan kemampuan profesionalisme.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/