Agama

Kisah Nabi Nuh ‘Alaihissalam Sang Rasul Pertama

Kisah Nabi Nuh 'Alaihissalam Sang Rasul Pertama

Kisah Nabi Nuh ‘Alaihissalam Sang Rasul Pertama

Kisah Nabi Nuh 'Alaihissalam Sang Rasul Pertama
Kisah Nabi Nuh ‘Alaihissalam Sang Rasul Pertama

Pelajaran akan pentingnya Tauhid, meneladani Kesabaran dakwah Seorang Rasul dan asal muasal penyembahan manusia terhadap patung-patung berhala.

Nama dan nasab Nabi Nuh ‘Alaihissalam

Beliau ‘Alaihissalam bernama Nuh bin Lamak bin Mattusylikh bin Khanuk -beliau adalah Nabi Idris ‘Alaihissalam- bin Yard bin Mahla’il bin Qainan bin Anusy bin Syits bin Adam Abul Basyar ‘Alaihissalam. Beliau lahir 126 tahun setelah wafatnya Nabi Adam sebagaimana yang disebutkan Ibnu Jarir Ath-Thabari dan selainnya. Sementara menurut sejarah ahli kitab, jarak antara kelahiran Nuh dan kematian Adam adalah 146 tahun yaitu antara keduanya dipisahkan 10 abad. Hal ini dikuatkan oleh hadits yang diriwayatkan Al-Hafizh Ibnu Hibban, dari sahabat Abu Umamah, ia berkata bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, “Wahai Rasul, apakah Adam itu termasuk seorang Nabi?” Beliau bersabda, “Benar.” Laki-laki itu bertanya lagi, “Berapa jarak antara Adam dengan Nuh?” Rasulullah bersabda, “10 abad.” Ibnu Hibban berkata bahwa riwayat ini sesuai syarat Imam Muslim namun ia tidak meriwayatkannya. [HR Ibnu Hibban no. 6190; Ath-Thabrani (Mu’jam Al-Kabir no. 5745); Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Ash-Shahihah no. 2668].

Disamping itu dalam Shahih Bukhari diriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Antara Adam dan Nuh terdapat jarak 10 abad, semuanya (beragama) Islam.” [Asy-Syaikh Abdullah At-Turki, pentahqiq kitab berkata bahwa ia tidak mengetahui riwayat ini dalam Shahih Bukhari, tetapi diriwayatkan Ibnu Jarir Ath-Thabari dalam Tafsir (29/99) dari jalan Ikrimah]. Jika yang dimaksud abad disini adalah seratus tahun, maka jarak antara keduanya adalah seribu tahun tetapi tidak dapat dinafikan pula bahwa jaraknya lebih dari itu berlandaskan apa yang dikatakan Ibnu Abbas dengan menyertakan kata Islam dalam riwayat tersebut, yaitu bisa jadi ada jarak beberapa abad bahwa mereka tidak dalam keadaan Islam tetapi hadits Abu Umamah menandakan bahwa hanya terbatas pada 10 abad. Selain itu Ibnu Abbas menambahkan bahwa semuanya sudah memeluk Islam. Maka ini membantah perkataan ahli sejarah dan ahli kitab bahwa Qabil dan lainnya menyembah api. Dengan demikian, generasi sebelum Nuh berumur panjang. Allahu a’lam.

Nabi Nuh Diutus Allah Kepada Para Penyembah Berhala

Nabi Nuh ‘Alaihissalam diutus Allah Ta’ala pada saat umat manusia menyembah berhala dan thaghut. Selain itu umat manusia memerintahkan kepada kesesatan dan kekafiran, maka Allah Azza wa Jalla mengutus Nabi Nuh sebagai bentuk rahmatNya. Beliau adalah seorang Rasul pertama yang diutus ke bumi sebagaimana yang dikatakan oleh para ahli Mahsyar pada hari kiamat [Lihat Shahih Muslim hadits no. 292, Kitab Iman]. Nama kaum Nuh adalah Bani Rasib sebagaimana yang menjadi pendapat Ibnu Jarir Ath-Thabari dan yang lainnya.

Para ulama dan ahli sejarah berbeda pendapat tentang pada usia keberapakah Nabi Nuh diutus sebagai Rasul, rinciannya sebagai berikut : – Ada yang berpendapat, beliau diutus pada saat berusia 50 tahun.

Ada yang berpendapat pada saat berusia 350 tahun.
Ada pula sebuah riwayat yang mengatakan dia diutus pada usia 480 tahun. Berbagai pendapat ini disebutkan oleh Ibnu Jarir dan dia menyandarkan pendapat yang ketika kepada Ibnu Abbas.

Baca Juga: