Keuntungan Menggunakan PT

Keuntungan Menggunakan PT

Keuntungan Menggunakan PT

Jadi apa keuntungan kita menggunakan badan hukum PT sebagai kendaraan untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis kita? Prinsipnya, keuntungan itu terdapat pada:

a. Adanya Batas Tanggung Jawab: adanya pengecualian atau pengesampingan terhadap tanggung jawab pribadi pemegang saham. Jika kita ingin membatasi tanggung jawab atau risiko kita hanya sebatas banyaknya uang yang dinvestasikan, maka badan usaha berbentuk PT bisa menjadi salah satu pilihan jenis perusahaan untuk dipakai dalam menjalankan bisnis.

b. Keberlangsungan: Selanjutnya, dapat dilihat bahwa sebuah PT dapat berdiri dan menjalankan usahanya demikian lama melebihi jangka waktu usia seorang manusia umumnya bertahan hidup. Contohnya perusahaan The Coca-Cola Company merupakan perusahaan berbentuk limited liability company dalam bidang minuman yang bermarkas di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 1892 dan hingga saat ini telah berusia lebih dari satu abad lamanya. Untuk perusahaan seperti ini, para pendiri dan pengurus lamanya bahkan sudah lama meninggal atau berganti-ganti. Jadi keuntungannya, keberlangsungan perusahaan PT dapat tetap dipertahankan dan dijalankan walaupun pemiliknya atau anggota pengurusnya telah berubah.

c. Bebas Melepas atau Mendapatkan Hak Kepemilikan: Kepemilikan suatu PT yang dibuktikan dalam bentuk kepemilikan sahamnya, dapat bebas dialihkan oleh pemiliknya secara mudah dan cepat. Hal ini berbeda dengan bentuk usaha perseorangan, yang mana jika dia ingin mengalihkan atau melepaskan usahanya maka orang tersebut harus mentransfer satu-persatu setiap aset yang dimiliknya untuk usaha yang ingin dilepas tersebut.

d. Kemudahan untuk Penambahan Modal: Usaha yang dijalankan sebuah PT mempunyai akses yang besar untuk menambahkan modal. Penambahan modal dapat dilakukan dengan menerbitkan saham baru yang dapat dibeli oleh investor yang berminat menanamkan modal kepada PT yang bersangkutan. Bandingkan dengan perusahaan yang hanya dimiliki seseorang tetapi ingin dikembangkan, maka hal itu tidak akan terwujud jika dia sendiri tidak menambah modal atau menambah hutang pinjaman. Bagi suatu PT, pengembangan atau ekspansi usaha dapat dilakukan dengan menawarkan sahamnya yang baru diterbitkan kepada investor yang berminat untuk dibeli.

e. Kapasitas Hukum yang Pasti: Suatu PT sebagai badan hukum dapat memilik harta atau aset, mengikatkan diri dalam kontrak perjanjian, serta dapat mengajukan gugatan layaknya seseorang dapat melakukannya sebagai subyek hukum.

f. Ketentuan Baku yang Lengkap: Pengurusan dan penorganisasian suatu PT, baik itu untuk manajemen maupun keuangan, telah memiliki ketentuan-ketentuan baku yang terdapat dalam anggaran dasar PT untuk melindungi para pemegang saham dan kreditur. Selain itu, PT memiliki dasar hukum yang kuat karena memiliki ketentuan dalam undang-undang tersendiri.

Baca Juga :