Kerusakan Yang Terjadi Pada Hutan Mangrove

Kerusakan Yang Terjadi Pada Hutan Mangrove

Kerusakan Yang Terjadi Pada Hutan Mangrove

Kerusakan Yang Terjadi Pada Hutan Mangrove
Kerusakan Yang Terjadi Pada Hutan Mangrove

Beberapa faktor penyebab rusaknya hutan mangrove

Menurut Kusmana (2003) ada tiga faktor utama penyebab kerusakan mangrove yaitu:

  1. Pencemaran
  2. Konversi hutan mangrove yang kurang memperhatikan faktor lingkungan dan
  3. Penebangan yang berlebihan.

Bengen (2001) menjelaskan bahwa kerusakan di atas dikarenakan adanya fakta bahwa sebagian manusia dalam memenuhi keperluan hidupnya dengan mengintervensi ekosistem mangrove. tanpa mempertimbangkan kelestarian dan fungsinya terhadap lingkungan sekitar.

Akibat rusaknya hutan mangrove, antara lain :

 

Instrusi air laut

Instrusi air laut adalah masuknya atau merembesnya air laut kea rah daratan sampai mengakibatkan air tawar sumur/sungai menurun mutunya, bahkan menjadi payau atau asin (Harianto, 1999). Dampak instrusi air laut ini sangat penting, karena air tawar yang tercemar intrusi air laut akan menyebabkan keracunan bila diminum dan  dapat merusak akar tanaman. Instrusi air laut telah terjadi dihampir sebagian besar wilayah pantai Bengkulu. Dibeberapa tempat bahkan mencapai lebih dari 1 km.

  1. Turunnya kemampuan ekosistem mendegradasi sampah organic, minyak bumi  dan lain-lain.
  2. Penurunan keanekaragamanhayati di wilayah pesisir
  3. Peningkatan abrasi pantai
  4. Turunnya sumber makanan, tempat pemijah dan bertelur biota laut. Akibatnya produksi tangkapan ikan menurun.
  5. Turunnya kemampuan ekosistem dalam menahan tiupan angin, gelombang air laut dan lain-lain.
  6. Peningkatan pencemaran pantai.

 

Upaya Melestarikan Hutan Mangrove

Untuk konservasi hutan mangrove dan pantai, Pemerintah R I telah menerbitkan Keppres No. 32 Tahun 1990. Sempadan pantai adalah kawasan tertentu sepanjang pantai yang mempunyai manfaat penting untuk mempertahankan kelestarian fungsi pantai, sedangkan kawasan hutan mangrove adalah kawasan  pesisir laut yang merupakan habitat hutan mangrove yang berfungsi memberikan perlindungan kepada kehidupan pantai dan lautan.

 

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki dan melestarikan hutan mangrove antara lain:

  1. Penanaman kembali mangrove
  2. Penanaman mangrove sebaiknya melibatkan masyarakat. Modelnya dapat masyarakat terlibat dalam pembibitan, penanaman dan pemeliharaan serta pemanfaatan  hutan mangrove berbasis konservasi. Model ini memberikan keuntungan kepada masyarakat  antara lain terbukanya peluang kerja  sehingga terjadi peningkatan pendapatan masyarakat.
  3. Pengaturan kembali tata ruang wilayah pesisir: pemukiman, vegetasi. Wilayah pantai dapat diatur menjadi kota ekologi sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai wisata pantai (ekoturisme) berupa wisata alam atau bentuk lainnya.
  4. Peningkatan motivasi dan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan mangrove secara bertanggungjawab.
  5. Izin usaha dan lainnya hendaknya memperhatikan aspek konservasi.
  6. Peningkatan pengetahuan dan penerapan kearifan local tentang konservasi
  7. Peningkatan pendapatan masyarakat pesisir
  8. Program komunikasi konservasi hutan mangrove
  9. Penegakan hukum

8.Perbaikkan ekosistem wilayah pesisir secara terpadu dan berbasis masyarakat. Artinyadalam memperbaiki ekosistem wilayah pesisir masyarakat sangat  penting dilibatkan  yang kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Selain  itu juga mengandung pengertian bahwa konsep-konsep lokal  (kearifan lokal) tentang ekosistem dan pelestariannya perlu ditumbuh-kembangkan kembali sejauh dapat mendukung program ini.

 

Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan

Bahwa hutan mangrove dapat menjadi potensi sebagai sumber penghasilan dari bidang ekonomi selain berguna sebagai pelestarian lingkungan hidup, karena hutan mangrove dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengetahui sebanyak mungkin manfaat dari hutan mangrove serta bersama-sama saling berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup melalui penanaman mangrove dan perlindungan hutan mangrove.

Baca Juga :