Pendidikan

Kebijakan Pemberian Insentif

Kebijakan Pemberian Insentif

Kebijakan Pemberian Insentif

Kebijakan Pemberian Insentif

Insentif merupakan

salah satu jenis penghargaan yang dikaitkan dengan prestasi kerja. Semakin tinggi prestasi kerjanya, semakin besar pula insentif yang diberikan. Sudah menjadi kebiasaan pada perusahaan-perusahaan di Asia untuk menetapkan target yang tinggi bagi para pimpinan dan kalau bedrail maka diberikan tambahan beberapa bulan gaji.
Menurut Panggabean, (2007:88). Fungsi utama dari insentif adalah untuk memberikan tanggung jawab dan dorongan kepada karyawan. insentif menjamin bahwa karyawan akan mengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Pengukuran merupakan isu penting dalam merancang sistem insentif dan pengawasan. Sistem insentif yang efektif mengukur usaha karyawan dan penghargaan yang didistribusikan secara adil.
Usaha-usaha dapat dinilai dengan dua cara yaitu :
1. Perilaku karyawan dapat dimonitor dan penghargaan yang berkaitan dengan perilaku tersebut.
2. Hasil kerja dapat di ukur dengan dan tingkat outputs itu Menentukan penghargaan.
Jika perilaku dapat dengan mudah di ukur dan di mengerti, maka monitoring menjadi lebih murah dan lebih tepat. Jika pembayaran karyawan sebagian besar berkaitan dengan perilakunya di tempat kerja, maka cara ini di sebut sebagai Behavior Control. Jika informasi tentang upaya tidak dapat di peroleh maka hasil kerja (Output) dapat di ukur untuk dapat mengukur perilaku. Cara ini disebut Output Control. Cara ini di gunakan apabila mengukur Output lebih murah di bandingkan dengan mengukur prilaku secara terus menerus. Hal yang penting adalah mengukur output yang di anggap untuk menduga upaya. Kata lain dari outputs control adalah pembayaran berdasarkan kinerja (Pay For Performance).
Adapun prinsip-prinsip dalam pemberian insentif adalah :
1. Dengan adanya pendapatan ekstra akan dapat membantu tercapainya kepuasan aspirasi-aspirasi individu dalam organisasi.
2. Pemberian pendapatan ekstra harus bersifat adil serta jelas perhitungannya.

Baca Juga :