Jumlah Penduduk Indonesia

Jumlah Penduduk Indonesia

Jumlah Penduduk Indonesia

Jumlah Penduduk Indonesia
Jumlah Penduduk Indonesia

Jumlah Penduduk Indonesia

Terkait dengan dinamika kependudukan dalam pembangunan nasional, pertanyaan yang pertama kali muncul biasanya ialah berapakah bahwasanya jumlah penduduk Indonesia ketika ini?

Jumlah penduduk suatu negara contohnya Indonesia, atau penduduk di suatu wilayah selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu lantaran pertumbuhan penduduk pada wilayah tersebut. Sebagai contoh, hasil sensus penduduk yang pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 1930, ketika kita masih berada di bawah penjajahan Belanda, penduduk nusantara hanya berjumlah 60,7 juta jiwa.

Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia
Dari Grafik di atas sanggup diketahui bahwa jumlah penduduk Indonesia berdasarkan Sensus Penduduk :
Sensus Penduduk ke
Tahun

Jumlah Penduduk

1 (Pertama)
1961
97,1 juta jiwa
2 (Kedua)
1971
119,2 juta jiwa
3 (Ketiga)
1980
146,9 juta jiwa
4 (Keempat)
1990
78,6 juta jiwa
5 (Kelima)
2000
205,1 juta jiwa
6 (Keenam)
2010
237,6 juta jiwa

Materi pendukung : Hasil Sensus Penduduk Indonesia Tahun 2010

Indonesia termasuk negara dengan jumlah dan pertumbuhan penduduk yang besar dan berpenduduk banyak. Indonesia juga terdiri atas ribuan pulau, bermacam-macam budaya, ratusan suku, dan ratusan bahasa daerah. Hal ini pula yang menjadi keunggulan Indonesia dilihat dari segi kependudukannya. Pada tahun 2013, Indonesia tidak mempunyai kegiatan pemutakhiran data penduduk, lantaran biasanya sensus diadakan setiap 10 tahun sekali. Namun dengan memakai angka pertumbuhan penduduk di Indonesia, diperkirakan jumlah keseluruhan penduduk Indonesia pada tahun 2013 sebesar 250 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,49% per tahun. Keadaan jumlah penduduk sebesar itu, tentu memerlukan perhatian yang besar dari pemerintah/negara atau forum terkait untuk sanggup memenuhi kebutuhan penduduknya, biar jumlah penduduk yang besar ini sanggup berperan sebagai sumber daya pembangunan di tanah air. Jumlah penduduk di setiap wilayah/provinsi maupun pulau juga berbeda-beda, demikian juga dengan angka pertumbuhan yang berbeda pula.

Pertumbuhan Semakin Pesat

Pertumbuhan penduduk Indonesia semakin tahun semakin bertambah jumlahnya. Jumlah penduduk Indonesia mengalami kenaikan dari tahun 1971 hingga tahun 1980 sebanyak 28.282.069 jiwa (23,72%). Secara keseluruhan rata-rata kenaikan jumlah penduduk setiap 10 tahun hampir mencapai 20%. Perlu diketahui bahwa berdasarkan asumsi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, jumlah penduduk Indonesia akan menjadi 250 juta jiwa pada tahun 2014 dengan pertumbuhan penduduk 1,49 persen per tahun. Salah satu penyebab bertambahnya jumlah penduduk ialah tingginya tingkat kelahiran. Jumlah penduduk yang begitu besar di Indonesia menjadi permasalahan serius terutama di tempat perkotaan. Karena semakin besar jumlah dan pertumbuhan penduduk, semakin banyak pula permasalahan yang dihadapi oleh suatu daerah. Sebagai pola dengan pertambahan jumlah penduduk tentu harus dibarengi dengan penambahan aneka macam sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Sumber: https://www.pendidik.co.id/12-hukum-bacaan-tajwid-beserta-contohnya-yang-harus-diketahui/