Jumlah Anggota BPUPKI Dan PPKI

Jumlah Anggota BPUPKI Dan PPKI

Jumlah Anggota BPUPKI Dan PPKI

Pada akhir masa pendudukan Jepang di Indonesia, dengan aneka macam kondisi dan situasi yang ada. Nuansa kemerdekaan Indonesia semakin terasa. Bagaimana bentuknya?

Pada pembahasan kali ini akan dibahas wacana apa itu BPUPKI, bagaimana sejarah BPUPKI, berapakah jumlah anggota BPUPKI, kapan BPUPKI dibubarkan, siapakah ketua BPUPKI dan PPKI dan wacana sidang-sidang PBUPKI.

Janji kemerdekaan Indonesia

Agar rakyat Indonesia bersedia membantu Jepang dalam Perang Pasifik yang kondisinya memang sudah semakin terjepit, maka pada tanggal 7 September 1944 Perdana Menteri Koiso mengumumkan akad pertolongan kemerdekaan kepada Indonesia di lalu hari.

Sebagai realisasi dari akad kemerdekaan yang diucapkan oleh Koiso, maka pemerintah pendudukan Jepang di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakici Harada pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau bahasa Jepangnya; Dokuritsu Junbi Coosakai).

Tugas BPUPKI ialah untuk mempelajari dan memeriksa hal-hal yang penting yang berafiliasi dengan aneka macam hal yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka.

Jumlah Anggota BPUPKI

BPUPKI mempunyai anggota sebanyak 67 orang bangsa Indonesia ditambah 7 orang dari golongan Jepang, sehingga total jumlah anggotanya sebanyak 74 orang.

BPUPKI diketuai oleh dr. K.R.T. Radjiman Wediodiningrat dan dibantu oleh dua orang ketua muda yaitu R.P. Suroso dan Ichibangse dari Jepang.

Anggota BPUPKI dilantik pada tanggal 28 Mei 1945 di gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon Jakarta (sekarang gedung Departemen Luar Negeri).

Jumlah Anggota BPUPKI Dan PPKI
Jumlah Anggota BPUPKI Dan PPKI

Sidang BPUPKI dan Hasilnya

Selama masa berdirinya, BPUPKI mengadakan sidang sebanyak dua kali. Sidang BPUPKI pertama berlangsung antara 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas rumusan dasar negara.

Sidang BPUPKI kedua berlangsung tanggal 10 – 16 Juli 1945 membahas batang badan Undang-Undang Dasar negara Indonesia merdeka.

Setelah berhasil menuntaskan tugasnya, BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 dan sebagai gantinya dibuat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI atau bahasa Jepangnya; Dokuritsu Junbi Inkai). Sehingga secara otomatis PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945.

PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno. Sementara itu, keadaan Jepang semakin terjepit sesudah dua kota di Jepang dibom atom oleh Sekutu.

Pada tanggal 6 Agustus 1945 sebuah bom atom yang dijuluki little boy dijatuhkan di kota Hiroshima dan menewaskan 129.558 orang.

Jepang mengalah tanpa syarat kepada sekutu

Kemudian pada tanggal 9 Agustus 1945 kota Nagasaki dibom atom oleh Sekutu. Akibat kedua kota tersebut dibom, Jepang menjadi tidak berdaya sehingga pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang mengalah tanpa syarat kepada Sekutu.

Baca Artikel Lainnya: