Jenis-jenis Register

 Jenis-jenis Register

 Jenis-jenis Register
Jenis-jenis Register

 

Register terdiri dari beberapa macam dipandang

dari berbagai sudut pandang. Mansoer Pateda (1990: 65) membagi register menjadi lima, yaitu : (1) Oratorial atau frozen, yang digunakan oleh pembicara yang profesional sehingga seseorang tertarik dengan pembicarannya; (2) Deliberative atau formal yang ditujukan kepada pendengar untuk memperluas pembicaraan yang disengaja; (3) Consultative, terdapat dalam transaksi perdagangan di tempat terjadinya dialog karena seseorang membutuhkan persetujuan; (4) Casual, untuk menghilangkan rintangan-rintangan antara dua orang yang berkomunikasi; (5) Intime, digunakan dalam suasana kekeluargaan.

Pendapat lain dikemukakan oleh Halliday

yang menjelaskan variasi dalam berbagai macam register. Dalam hal ini Halliday dan Hasan (1994: 53-54) membagi register menjadi dua macam, yaitu register selingkung terbatas, misalnya pemakaian bahasa dalam telegram dan register yang lebih luas terbuka, misalnya register dalam buku petunjuk teknis.

Alwasilah (1993: 54)

mengklasifikasikan register menjadi tiga, yaitu : (1) Fields of discourse (pokok pembicaraan), yaitu berhubungan dengan purpose and subject (tujuan dan pokok pembicaraan), misalnya istilah mengail, judi, dan sebagainya; (2) Modes of discourse (modus pembicaraan), yaitu berhubungan dengan means or how (alat pembicaraan) misalnya bahan catatan, surat tertulis, dan sebagainya; (3) Manners of cours (tingkah pembicaraan), yaitu relation or who (hubungan pihak yang berperan serta) misalnya formal, biasa, intim, dan sebagainya.

Menurut Halliday (dalam Dwi Purnanto, 2001b: 3)

menyatakan bahwa register dipahami sebagai konsep semantik, yaitu sebagai susunan makna yang dikaitkan secara khusus dengan situasi tertentu. Menurutnya konsep situasi ini dibagi menjadi tiga hal, yaitu :
(1) medan( field), mengacu pada hal yang sedang terjadi atau pada saat tindakan social berlangsugn; apa sesungguhnya yang sedang disibukkan oleh para pelibat; (2) pelibat (tenor), menunjuk pada orang-orang yang turut mengambil bagian, sifat para pelibat, kedudukan, dan peranan mereka; dan (3) sarana ( mode), menunjuk pada peranan yang diambil bahasa dalam situasi tertentu, seperti bersifat membujuk, menjelaskan, mendidik, dan sebagainya.
Secara popular register dibagi menjadi dua, yaitu register yang timbul karena kesibukan bersama yang tidak berkaitan dengan profesi dan register yang timbul karena orang-orang menjadi bagian dari profesi sosial bersama (Depdikbud, 1995:166).