Pendidikan

Hubungan IPTEK dengan kehidupan social

Hubungan IPTEK dengan kehidupan social

Dengan berkembangnya industry dan kegiatan ekonomi, maka memungkinkan orang hidup dalam lapangan pekerjaan tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari angka-angka yang menunjukkan bahwa pekerjaan di pabrik atau perusahaan terus menerus meningkat, sedangkan yang bekerja disektor ertanian makin menurun

            Nilai social juga berubah, pada masa lalu orang merasa bahwa menjadi pegawai nanti dinilai lebih tinggi status sosialnya dibandingkan dengan  para pedagang atau pengusaha. Sekarang menjadi pengusaha atau karyawan pabrik yang dianggap sebagai tenaga tenaga professional yang mempunyai nilai status yang tinggi.

            Semakin berekembangnya teknologi menyebabkan industri yang memproduksi barang secara massal juga makin meningkat. Tetapisering kali juga dimanfaatkan untuk kepentingan negatif, seperti peniruan atau pemalsuan merek dagang, dan sebagainya. Yang majunya masyarakat yang dibarengi dengan peningkatan jumlah penduduk, menyebabkan manusia sering kehilangan nilai etisnya, dan mudah melakukan tindakan yang tercelah dan melanggar hukum .

2.Dampak perkembangan IPTEK pada kebutuhan pokok

  1. Pemenuhan kebutuhan primer
  2. Sandang

Manusia sebagai makhluk susila memerlukan pakaian. Mula-mula pakaian yang dikenakan hanya untuk menutupi auratnya saja. Kemudian pakaian juga berfungsi untuk melindungi diri dari sengatan panas dan udara dingin. Sekarang, pakaian mempunyai fungsi yang lebih luas lagi, yaitu untuk kenyamanan dengan menciptakan jenis pakaian yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya pakaian tidur, pakaian olahraga, pakaian kerja dan sebgainya. Bahkan sekarang orang beranggapan bahwa dapat menunujukkan status social pemakainya. Baik pada abab yang lalu maupum masa kini IPA dan Teknologi menolong manusia dalam pengadaan sandang berupa mesin-mesin testil. Apabila pada abab yang lalu mesin-mesin itu dapat mempercepat proses pembuatan testil yang umumnya masih terbuat dari kapas, maka pada abab sekarang ini IPA dan Teknologi mampu menyumbangkan pada manusia serat-serat sentesis, baik yang terbuat dari pokok-pokok kayu yang diproses secara kimiawi maupun dari bahan galiang. Namun penumuan IPA dan Teknologi ini sehubungan dengan polimer sintesis memiliki dampak negatif yaitu bahan- bahan berupa polimer sintesis itu yang dalam kata sehari-hari disebut plastic.

sumber :
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/06/07/download-kinemaster-pro-apk/