HTML 6

HTML 6

HTML 6
HTML 6

Pengenalan HTML6

Teknologi memang berkembang begitu cepat, terkadang kita kewalahan untuk mengikuti nya. Belum juga kita selesai mempelajari HTML5 dengan baik dan benar, sekarang sudah mau muncul lagi HTML6, yaitu versi terbaru dari HTML.

HTML5 telah memberi kita beberapa fitur yang sangat menarik seperti audio dan dukungan video, penyimpanan offline/ Offline Storage dan yang paling penting kemampuan untuk membangun website yang bisa optimal di mobile. Selain itu, html5 memberikan kita kebebasan dalam menggunakan atribut dari tag seperti <code> dan <script>. Selain itu, HTML5 membantu developer untuk mengatur konten dengan cara yang lebih relevan dengan menggunakan tag baru seperti <article>, <section>, <header> dll. Namun, HTML5 masih dalam tahap pengembangan dan bukan sesuatu yang sudah final, belum menjadi markup yang terlalu semantik.

Memahami Konsep HTML6

Pernahkan anda bertanya-tanya apakah anda bisa mengekspresikan penggunaan tag yang lebih baik lagi? Jika belum maka bayangkan saja anda menggunakan tag <logo> </logo> untuk menetapkan logo pada halaman web anda, atau menggunakan tag <toolbar> </toolbar> dan sebagainya.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Internet Positif di Google Chrome – Bukankah lebih baik jika bisa menggunakan tag <div> tanpa menggunakan beberapa ID seperti wrapper atau container, tapi langsung menggunakan tag <wrapper> atau <container> dibandingkan harus menggunakan <div id=”wrapper”> atau <div id=”container”>. Itulah yang akan ada di HTML6.

HTML6 adalah versi ke-6 dari HTML dengan namespace yang memiliki struktur seperti XML

Namespace XML akan membantu anda menggunakan tag yang sama tanpa bertentangan/berbenturan atau bisa dibilang tanpa konflik dengan tag lain. Misalnya salah satu yang digunakan dalam DOCTYPE XHTML:

HTML6 akan memberikan kita manfaat untuk menggunakan tag yang kita inginkan dan tidak perlu hanya menggunakan tag yang sudah didefinisikan.

Melihat dokumen HTML6 diatas anda akan melihat beberapa tag aneh seperti <html:x>. Tag itu adalah namespaced element milik W3C dan HTML6 spec, dan akan memicu tindakan di browser. Sebagai contoh, tag <html:title> akan mengubah judul bar browser anda dan <html:media> akan membantuk membuat gambar yang yang sudah didefinisikan agar muncul di layar browser. Bagian yang terbaik adalah bahwa semua elemen ini secara khusus ditetapkan untuk pengguna dan tidak ada hubungan dengan browser. Mereke tidak lebih hanya hooks untuk Javascript dan stylesheet dan membantu untuk membuat contoh kode anda lebih semantik.