Hikmah Saat Berpuasa

Hikmah Saat Berpuasa

Hikmah Saat Berpuasa

Hikmah Saat Berpuasa
Hikmah Saat Berpuasa

Adapun hikmah dari berpuasa yaitu :

1.Bertakwa dan menghambakan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

takwa adalah meninggalkan keharaman, istilah itu secara mutlak mengandung makna mengerjakan perintah, meninggalkan larangan , Firman Allah SWT: Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(QS. Al-Baqarah: 183).

2.Puasa adalah serupa dengan revolusi jiwa untuk merombak cara dan kebiasaan

yang diinginkan oleh manusia itu, sehingga mereka berbakti pada keinginannya dan nafasnya itu berkuasa padanya.

3.Puasa menunjukkan pentingnya seseorang merasakan pedihnya lapar

maupun tidak dibolehkan mengerjakan sesuatu. Sehingga tertimpa pada dirinya dengan suatu kemiskinan atau hajatnya tidak terlaksana. Dengan sendirinya lalu bisa merasakan keadaan orang lain, bahkan berusaha untuk membantu mereka yang berkepentingan dalam hidup ini.

4. Puasa dapat menyehatkan tubuh kita

manfaat puasa bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

a. Puasa membersihkan tubuh dari sisa metabolisme

Saat berpuasa tubuh akan menggunakan zat-zat makanan yang tersimpan. Bagian pertama tubuh yang mengalami perbaikan adalah jaringan yang sedang lemah atau sakit.

b. Melindungi tubuh dari penyakit gula

Kadar gula darah cenderung turun saat seseorang berpuasa. Hal ini memberi kesempatan pada kelenjar pankreas untuk istirahat. SepertiAnda ketahui, fungsi kelenjar ini adalah menghasilkan hormon insulin.

c. Menyehatkan sistem pencernaan

Di waktu puasa, lambung dan sistem pencernaan akan istirahat selama lebih kurang 12 sampai 14 jam, selama lebih kurang satu bulan. Jangka waktu ini cukup mengurangi beban kerja lambung untuk memroses makanan yang bertumpuk dan berlebihan.Puasa mengurangi berat badan berlebih. Puasa dapat menghilangkan lemak dan kegemukan, secara ilmiah diketahui bahwa lapar tidak disebabkan oleh kekosongan perut. Tetapi juga disebabkan oleh penurunan kadar gula dalam darah.

 

Baca Artikel Lainnya: