Disolusi Adalah

Disolusi Adalah

Disolusi Adalah
Disolusi Adalah
Masuknya sekutu baru atau pengunduran diri sekutu lama atau meninggalnya sekutu lama akan mengakibatkan disolusi (pembubaran) persekutuan. Tetapi disolusi tidak selalu terjadi dengan berhentinya operasi persekutuan atau berhentinya usaha dan akuntansi persekutuan. Disolusi persekutuan menurut Undang-undang adalah “peru¬¨bahan pada hubungan sekutu ketika ada sekutu yang tidak lagi terlibat dalam menjalankan usaha yang berbeda dengan penyelesaian (winding up) usaha tersebut (Bagian 29 Undang-undang).
Disolusi persekutuan adalah berubahnya para hubungan sekutu yang menyebabkan berhentinya persekutuan sebagai entitas hukum. Pada disolusi, entitas persekutuan bisa berjalan terus jika ada perjanjian baru.
Ketika persekutuan secara hukum resmi didisolusi, baik dengan masuknya sekutu baru atau dengan pengunduran diri atau meninggalnya sekutu lama, suatu perjanjian persekutuan baru perlu dibuat untuk kelanjutan usaha persekutuan.
PROSES LIKUIDASI
Pada umumnya likuidasi persekutuan menyangkut hal-hal:
– Mengkonversi aktiva nonkas menjadi kas
– Mengakui keuntungan dan kerugian dan biaya likuidasi yang timbul selama masa likuidasi
– Menyelesaikan seluruh kewajiban
– Mendistribusikan kas kepada sekutu berdasarkan saldo akhir kas mereka
Penjelasan umum mengenai proses likuidasi mengasumsikan bahwa persekutuan mampu memmbayar hutang-hutangnya, dengan kata lain aktiva yang dimiliki melebihi kewajiban.
Aturan dalam mendistribusikan aktiva dalam likuidasi persekutuan dibuat bertingkat sesuai prioritas:
– Jumlah yang dipinjam dari kreditur yang bukan sekutu
– Jumlah yang dipinjam dari sekutu selain untuk modal dan laba
– Jumlah yang harus diberikan kepada sekutu sesuai kepemilikannya
Seluruh saldo laba atau rugi dan prive harus ditutup ke perkiraan modal sebelum distribusi dilakukan. Kekayaan persekutuan tidak boleh didistribusikan kepada sekutu yang memiliki saldo modal negative. Maka dari itu saldo pinjaman sekutu harus ditutup dengan saldo modal untuk menentukan jumlah yang dibagikan kepada sekutu. Ketika jumlah yang akan dibagikan kepada sekutu tertentu telah ditentukan, saldo pinjaman sekutu itu harus dikurangi sebelum perkiraan modalnya dikurangi.