Pendidikan

 Disfemisme (pengerasan)

 Disfemisme (pengerasan)

Contoh:

(1)   Mereka yang masih mendekam di balik jeruji adalah Aleks Wetapo, 35 tahun dan Oto Wetapo, 33 tahun… (Tempo, 6/10/10, “Pemerintah Nyatakan Kasus Wamena Selesai”). Kata jeruji merupakan disfemisme dari kata penjara.

  1. Metafora (perumpamaan)

Contoh:

(1)   …hubungan Jakarta-Den Haag yang memang rawan retak. ”Seperti berjalan di atas kulit telur”…(Tempo, 6/10/10, “DPR Dukung Sikap Presiden”). Yang bercetak miring adalah contoh dari majas metafora.

(2)   “Bagaimana mendapatkan hakim kredibel kalau tidak jemput bola…(Tempo. 6/10/10, “DPR Pilih Dua Calon Hakim Agung”).

(3)   Tony, yang kini menjabat staf Ahli Bupati Bekasi, dijebloskan kelembaga permasyarakatan Bulak Kapa, Bekasi, kemarin sore setelah menjalani pemeriksaaan maraton hampir sehari penuh (Tempo, 6/10/10, “Mantan Kepala Dinas Pendidikan Bekasi Ditahan”).

(4)   Sebuah pengadilan di kota Amsterdam, Belanda, kemarin menunda sidang kasus pencemaran nama baik dengan terdakwa politikus sayap kanan, Gert Wilders (Tempo, 6/10/10, “ Sidang Wilders Ditunda”).

(5)   Lorenzo Perang dengan Rossi (Tempo, 6/10/10, “Lorenzo Perang dengan Rossi”).

(6)   Tim berjulukan Beruang Madu itu menurunkan duet Aldo Barreto asal Paraguay dan Khairul Amri dari Singapura…(Tempo, 6/10/10, “Rivalitas Pemain Asing”).

  1. Personifikasi (perbandingan)

Contoh:

(1)   Isu reshuffle kembali berembus menjelang setahun umur Kabinet Indonesia Bersatu II pada 20 Oktober mendatang (Tempo, 6/10/10, “Presiden Akan Ganti Lima Menteri”). Kata berembus merupakan majas personifikasi karena dibandingkan seperti angin yang biasanya berembus.

3.Propaganda

Propaganda dapat diartikan sebagai suatu ungkapan yang ditunjukan untuk mempengaruhi orang lain, agar orang lain terkelabui dengan bahasa itu. Propaganda merupakan kata-kata kampanye yang berisi setengah janji atau legalisasi yang mempunyai sebuah alasan yang mempunyai unsur  menjual.

Contoh:

(1)   Menurut Yudhoyono, ancaman keamanan terhadap kepala negara di luar negeri merupakan hal lazim. “Tapi, kalau sampai digelar pengadilan, (Ini) menyangkut harga harga diri sebagai bangsa,” katanya dengan suara serak dan bergetar (Tempo, 6/10/10, “Tersengat RMS di Belanda”). Kalimat yang dicetak miring merupakan contoh dari propaganda.

(2)   Ini Konflik RI dan RMS (Tempo, 6/10/10, “Ini Konflik RI dan RMS”).

  1. Akronimisasi

Pemakaian sebuah singkatan seperti akoronim atau abreviasi untuk mendukung prinsip keekonomisan pada bahasa jurnalistik.

 

summber ;

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/