Pendidikan

Ciri-ciri zaman Mesolitikum 

Ciri-ciri zaman Mesolitikum 

Ciri-ciri zaman Mesolitikum

Ciri-ciri zaman Mesolitikum 
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa zaman mesolitikum memiliki ciri– ciri sebagai berikut ini:
Ø Manusia di zaman ini sudah tidak lagi nomaden atau menetap di gua, maupun di pantai.
Ø Manusia zaman ini sudah mengumpulkan makanan dan bercocok tanam.
Ø Manusia zaman ini sudah bisa membuat kerajinan dari gerabah.
3. Zaman Batu Muda (Neolitikum)
Perkembangan kebudayaan zaman batu muda (Neolitikum) sudah sangat maju jika dibandingkan dengan masa sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya migrasi secara bergelombang bangsa Proto Melayu dari wilayah Yunan di Cina Selatan ke wilayah Asia Tenggara termasuk ke Indonesia. Para pendatang tersebut membawa kebudayaan kapak persegi dan kapak lonjong serta menyebarkannya kedaerah-daerah yang dituju. Kedua kebudayaan itu akhirnya menjadi ciri khas kebudayaan zaman neolitikum. Pada masa ini muncul ketrampilan mengasah benda-benda hingga halus.
a. Kebudayaan kapak persegi
Kapak persegi berbentuk persegi panjang atau trapesium. Kapak persegi ditemukan di Sumatra, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku dan Kalimantan. Kapak-kapak persegi itu terbuat dari batu-batu chalcedon yang sangat halus. Para arkeolog memperkirakan bahwa benda-benda tersebut kemungkinan dibuat sebagai lamabang kebesaran, jimat, alat upacara.
b. Kebudayaan kapak lonjong
Kapak lonjong yang berukuran besar dinamakan Walzenbeil, sedangkan kapak yang berukuran kecil disebut Kleinbeil. Daerah penyebaran kapak lonjong sebagian besar ditemukan di Papua.Didaerah lainnya kapak lonjong jua ditemukan di Sulawesi , Flores, Maluku, dll.
Selain kapak persegi dan kapak lonjong, ditemukan pula alat-alat lain seperti perhiasan dan tembikar. Perhiasan terutama ditemukan di Pulau Jawa dalam jumlah yang cukup besar. Alat-alat berbentu perhiasan seperti kalung dan gelang yang terbuat dari batu-batu indah. Sedangkan tembikar pada zaman ini memegang perann penting terutama sebagai alat penampung. Selain untuk keperluan sehari-hari juga ada jenis tembikar yang dipergunakan untuk alat-alat upacara yang dibuat indah.

Ciri-ciri zaman Neolitikum:

a. Peralatan sudah dihaluskan dan diberi tangkai.
b. Alat yang digunakan antara lain kapak persegi dan lonjong.
c. Pakaian terbuat dari kulit kayu dan kulit binatang.
d. Perhiasan terbuat dari kulit kerang, dan batu.
e. Tempat tinggal menetap.
f. Memiliki kemampuan bercocok tanam.
sumber :