Pendidikan

Ciri-ciri kehidupan masyarakat di zaman paleolitikum

Ciri-ciri kehidupan masyarakat di zaman paleolitikum

Ciri-ciri kehidupan masyarakat di zaman paleolitikum:

Ciri-ciri kehidupan masyarakat di zaman paleolitikum
a. Hidupnya nomaden atau selalu berpindah-pindah tempat.
b. Hidup dalam kelompok-kelompok kecil agar memudahkan mereka bergerak dalam mencari makanan.
c. Hidupnya sangat tergantung pada alam sekitar mereka.
d. Masih menggunakan alat-alat yang sangat sederhana untuk mendukung kegiatan mereka mencari makan. Alat yang dibuat masih dalam bentuk yang sangat kasar, contohnya kapak genggam yang berfungsi untuk memotong, menggali dan menguliti binatang.
e. Masih menggunakan bahasa yang sederhana untuk berkomunikasi.

2. Zaman Batu Tengah (Mesolitikum)

Zaman batu tengah (mesolitikum) berlangsung pada zaman Kala Holosen.Pada zaman batu tengah, alat-alat batu dari zaman batu tua masih terus digunakan dan telah mendapatkan pengaruh dari wilayah Asia daratan. Manusia pada masa ini telah mampu membuat gerabah yang dibuat dari tanah liat yang dibakar. Salah satu ciri khas kebudayaan batu tengah ialah adanya sampah-sampah dapur dari kulit kerang (Kjokkenmoddinger) yang banyak ditemukan disepanjang pesisir pantai timur Sumatra. Ciri khas lain adalah adanya kehidupan digua-gua (abris souch roche) didaerah pedalaman Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan lokasi penyebarannya kebudayaan batu madya meliputi tiga jenis:
Ø Kebudayaan kapak genggam Sumatra (Pabble Culture)
Pada tahun 1925, arkeolog bernama P.V. Van Callenfels mengadakan penelitian disepanjang pesisir pantai Sumatra timur laut antara Langsa (Aceh) dan Medan, menemukan tumpukkan kulit kerang yang telah membatu dan tingginya mencapai tujuh meter atau disebut (Kjokkenmoddinger). Selain itu, dia juga menemukan beberapa peralatan manusia purba lainnya, seperti:
sumber :
baca juga :