Teknologi

Cek 6 Tipe Password Yang Harus Dihindari

Cek 6 Tipe Password Yang Harus Dihindari

Cek 6 Tipe Password Yang Harus Dihindari

Di era serba digital ini, hampir semua gadget dan akun aplikasi memerlukan password untuk keamanan privasi penggunanya. Namun seringkali orang-orang justru membuat password terlalu sederhana agar tak mudah lupa. Ada beberapa tipe password yang harus dihindari. Password yang terlalu mainstream akan membuat kunci keamananmu mudah ditebak dan bukan tak mungkin privasi dapat disalahgunakan oleh orang lain.

tipe password yang harus dihindari
Segera ganti jika password mu masuk daftar “6 Tipe Password Yang Harus Dihindari” berikut ini :

Password

Ya, karena beberapa orang bingung ingin membuat password apa, mereka menempuh jalan sederhana dengan memilih kata “password” sendiri sebagai kata sandi mereka. Beberapa orang juga memilih kata ini untuk password mereka untuk mengecoh orang lain. Di saat orang-orang mencoba menebak dengan kata sandi yang sulit, ternyata passwordnya hanyalah… “password”.

Namun tahukah kamu bahwa cara tersebut sebenarnya tak begitu efektif. Kini sudah banyak sekali orang Indonesia yang sudah menggunakan password ini. Sehingga kata “password” masuk dalam jajaran kata sandi yang paling mudah untuk ditebak.

Menggunakan tanggal lahir

Tak sedikit orang yang menggunakan tanggal lahir mereka dalam bentuk angka sebagai password ponsel, akun sosial media, bahkan pin ATM. Tanggal lahir ditulis dalam kombinasi angka seperti 171000 atau 20001017.

Namun menggunakan password dengan tipe seperti ini akan membuat orang lain sangat mudah untuk menebak, terutama oleh orang-orang terdekat yang tahu betul kapan tanggal ulang tahunmu. Jadi, hindari menggunakan tanggal lahir sebagai password karena dapat beresiko untuk keamanan privasimu.

1234567890 / 12345678 / 123456

Baca Juga Inovasi Teknologi Fingerprint Apple

Password tipe ini biasanya digunakan oleh para orang dewasa atau orang tua yang sulit mengingat password rumit. Terlebih karena letak angka-angka ini berada dalam deret yang sama, sehingga memudahkan kita untuk mengingatnya.

Namun faktanya, password jenis ini adalah password paling mainstream di

Indonesia. Bahkan tokoh besar dunia teknologi seperti Bill Gates (pendiri Microsoft), menyarankan untuk tak menggunakan password ini. Karena selain sudah terlalu banyak digunakan orang, privasi kita juga menjadi lebih rentan untuk disalahgunakan.

Qwerty

Sama halnya dengan password 1234567890, kata “qwerty” juga menjadi kata sandi favorit banyak orang karena mudah diingat. Selain itu enam huruf ini berada di posisi deretan yang sama dalam keyboard, dan qwerty sendiri sudah menjadi kata yang sangat familiar di telinga masyarakat pengguna gadget.

Karena banyaknya orang yang sudah mengetahui kata qwerty ini, sebaiknya kata “qwerty” harus kamu hindari sebagai kata sandi. Kata “qwerty” sendiri juga menjadi 10 besar kata sandi yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Mainstream!

Iloveyou

Sah-sah saja kalau kamu ingin mengerjai orang lain yang bertanya apa

passwordmu. Namun menurut sebuah survei, kata “Iloveyou” menjadi kata yang paling sering digunakan sebagai password dan salah satu jenis password yang mudah untuk ditebak.

Kamu mungkin bisa mengganti kata “Iloveyou” dengan “Ihateyou” atau kata “I(apa)you” lainnya sebagai kata sandi agar tak terlalu mainstream. Namun semua tergantung kreatifitasmu sendiri untuk mencari kata sandi sederhana yang mudah diingat, namun sulit untuk ditebak oleh orang lain.

Menggunakan nama artis idola atau klub sepakbola favorit

Baca Juga Software Keamanan Terbaru Sebagai Sistem Blokir Twitter

Orang-orang terdekatmu akan dengan mudah menebak apa kata sandimu jika

kamu menggunakan nama artis idola atau nama klub sepakbola favoritmu. Terlebih jika kamu adalah seorang fans yang fanatik dan sering bersikap tergila-gila di depan orang-orang jika sudah membahas artis idolamu itu.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/