Perkebunan

Cara Budidaya Bayam Di Pot atau Polybag

Cara Budidaya Bayam Di Pot atau Polybag

Cara Budidaya Bayam Di Pot atau Polybag

Cara Budidaya Bayam Di Pot atau Polybag
Cara Budidaya Bayam Di Pot atau Polybag

Syarat Tumbuh Bayam

Bayam merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh sepanjang tahun, tidak peduli musim kemarau atau musim penghujan. Namun waktu terbaik untuk menanam bayam adalah pada awal musim penghujan antara bulan Oktober-November dan awal musim kemarau antara bulan Maret-April.

Bayam dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 5-2.000 meter diatas permukaan laut. Meskipun bayam dapat tumbuh di daerah panas dan dingin, namun bayam akan lebih subur jika ditanam di lahan terbuka dataran rendah dengan udara yang agak panas. Kelembaban udara yang cocok untuk menanam bayam adalah 40%-60%. Bayam sebaiknya ditanam pada tanah yang gembur dan subur dengan kisaran 6-7 pH.

Memilih Benih Bayam

Bayam merupakan tanaman yang dapat dikembangbiakkan melalui biji. Varietas benih yang dianjurkan adalah Giti Hijau, Giti Merah, Kakap Hijau, Bangkok dan Cimangkok. Namun yang biasa tersedia di toko pertanian adalah benih dari varietas Bisi dan Maestro.

Untuk benih, pilih biji bayam yang sudah berumur 3 bulan. Benih dari biji yang masih mudah, tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama dan daya kecambahnya pun cepat menurun. Berbeda dengan benih bayam yang cukup tua. Benih ini bisa disimpan sampai satu tahun. Benih bayam tidak memiliki masa dormansi (tidak dapat tumbuh karena keadaan yang tidak mendukung). Kebutuhan benih bayam sekitar 5-10 kg tiap hektar atau sekitar 0,5-1 g tiap meter persegi.

Selain menggunakan benih, Anda juga dapat menanam bayam dengan menggunakan stek batang. Cara ini dapatdigunakan untuk jenis bayam cabut maupun bayam petik.

Persiapan Media Tanam Bayam

Untuk membuat media tanamnya, campurkan tanah gembur, pasir, dan pupuk kandang atau pupuk kpmpos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata.

Kita dapat menggunakan pot, polybag atau pun peti kayu untuk menanam bayam. Namun, sebelumnya buatlah lubang pada bagian bawah dan samping pot, polybag, atau peti kayu sebanyak 5 titik. Lubang ini berguna untuk mengeluarkan air yang berlebihan supaya bayam tidak tergenang nantinya.

Jika sudah, masukkan media tanam ke dalam pot. Siram media tanam dengan sedikit air untuk memudahkan penanaman.

Penanaman Bayam

Buat galian-galian kecil pada media tanam (kira-kira sedalam 1 cm) sebanyak 10 galian. Lalu letakkan setiap biji bayam pada galian tersebut. Jika sudah, tutup galian tersebut tanpa memadatkannya. Jika Anda menginginkan bayam yang lebih subur, maka Anda dapat mengurangi jumlah biji pada setiap pot.

Sementara, jika Anda berniat mananam bayam petik, gunakan stek sepanjang 7-10 cm dari akar sampai batang. Lalu tanam stek tersebut di media tanam. Simpan pot di tempat yang teduh, setelah 3 hari atau saat tunas mulai tumbuh baru Anda dapat meletakkan pot tersebut di bawah sinar matahari langsung.

Perawatan dan Pemeliharaan Bayam

Sebetulnya tidak perawatan khusus untuk bayam ini. Anda hanya perlu menjaga media tanam agar tetap lembab dengan cara menyiraminya secara rutin pada pagi atau sore hari.

Jika perlu, Anda dapat memberikan pupuk cair Bioboost atau EM4 dengan dosis 10 ml/1 liter saat tanaman berumum 4 hari setelah tanam. Pupuk susulan kedua dan ketiga dapat diberikan pada 11 hst dan 17 hst dengan dosis dan cara memupuk yang sama pada pemupukan pertama.

Jangan lupa juga untuk melakukan penyiangan terhadap rumput yang tumbuh bersama bayam. Jika ada hama, tangkap hama tersebut atau jika perlu gunakan insektisida. Tapi insektisida yang aman ya, seperti insektisida biologi, nabati atau piretroid sintetik. Adapun jenis hama yang biasa menyerang bayam adalah uat daun, kutu daun, pengorok daun dan belalang.

Pemanenan Bayam

Bayam cabut biasanya dapat dipanen setelah berumur 3 minggu sampai 1 bulan. Cara memanennya adalah dengan mencabut akarnya atau memotong pada bagian pangkal sekitar 2 cm di atas permukaan tanah.

Sedangkan untuk bayam petik, baru bisa dipanen setelah berumur 1-1,5 bulan dengan ketinggian sekitar 20 cm. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memetik daun atau pucuk bayam. Pemetikan dilakukan dengan interval satu minggu sekali.

Sumber: https://berkebun.co.id/