Arsitektur SMS Pada Jaringan GSM

Arsitektur SMS Pada Jaringan GSM

Arsitektur SMS Pada Jaringan GSM

Elemen-elemen utama pada arsitektur SMS terdiri dari SME (Short Message Entity), SMSC (SMS Service Centre) dan Email Gateway yang terkoneksi dengan elemen-elemen pada GSM sebagai channelpenghantar.

SME adalah elemen yang dapat mengirim atau menerima SMS tetapi tidak berada dalam scopespesifikasi GSM. SME dapat berupa software aplikasi pada mobile handset, namun dapat juga berupa perangkatfacsimile, perangkat telex, remote internet server dan lain-lain. Sebuah SME dapat berupa server yang terkoneksi dengan SMSC secara langsung atau melalui gateway.

SMSC memegang peran kunci dalam arsitektur SMS. SMSC dapat terintegrasi sebagai bagian dari mobile network (contoh: terintegrasi dengan MSC) atau sebagai entitas network independent. Fungsi utama SMSC adalah menyampaikan SMS dengan prinsip Store and Forward serta menyampaikan pesan konfirmasi atas pengiriman SMS kepada MS pengirim. Apabila MS tujuan dalam keadaan aktif dan menerima SMS yang dikirimkan, maka MS penerima akan mengirimkan pesan konfirmasi kepada SMSC yang menyatakan bahwa SMS telah diterima.

Kemudian SMSC akan mengirimkan pesan konfirmasi tersebut kepada MS pengirim. Namun jika MS tujuan dalam keadaan mati atau di luar jangkauan, maka SMS akan disimpan pada SMSC sampai periode validitas terpenuhi. Jika periode validitas terlewati maka SMS akan dihapus dari SMSC dan SMSC akan menyampaikan pesan konfirmasi kepada MS pengirim yang menyatakan bahwa pesan yang dikirim gagal. Proses pengiriman SMS dapat diilustrasikan melalui gambar berikut.

Sumber : https://earlraytomblin.com/