Pendidikan

Administrasi Kontrak dan Pengawasan

Administrasi Kontrak dan Pengawasan

  • Pentingnya Administrasi Kontrak Penawaran Dalam Proyek yang Didanai Agen Donor

Administrasi kontrak dan pengawasan merupakan area yang terabaikan di berbagai organisasi sektor publik,yang mencerminkan kapabilitas pelaksanaan yang rendah di organisasi sektor publik.Secara umum,kontrak harus dilaksanakan dan di awasi secara hati – hati.Efektivitas pengelolaan kontrak sangat dipengaruhi oleh keputusan yang lebih dahulu pada perolehan kontrak.Kesepakatan yang di capai bersifat ambiguitas,tidak realistis,atau menimbulkan konflik yang dapat mempersulit manajer publik untuk mengawasi pelaksanaannya.

  1.             Pengawasan Pelaksanaan Kontrak

Pengawasan dilakukan sepanjang kontrak. Pelaksanaan kontrak termasuk mereview laporan kontraktor, melakukan pemeriksaan, mempersiapkan audit, dan memperoleh umpan balik.

  1.             Pengadaan barang dan jasa Militer Jaminan Kualitas

Pengadaan barang dan jasa militer berbeda dengan pengadaan barang dan jasa sipil.Hal ini terjadi atas pertimbangan keamanan sosial akibat pelaksanaan yang kurang transparan dibandingkan dengan bentuk lain dari pengadaan barang dan jasa.Pada sisi persediaan,biaya tetap yang stabil dan skala ekonomi yang ada dalam produksi peralatan pertahanan serta kebutuhan penelitian yang tinggi,dan pengembangan investasi dengan teknologi baru akan semakin meningkatkan rintangan bagi “pendatang baru”.

 

sumber :
https://minerva.co.id/2020/06/seva-mobil-bekas/