Teknologi

5 Game Pengganti Flappy Bird bagi Pengguna Windows 8.1

5 Game Pengganti Flappy Bird bagi Pengguna Windows 8.1

5 Game Pengganti Flappy Bird bagi Pengguna Windows 8.1

 

 5 Game Pengganti Flappy Bird bagi Pengguna Windows 8.1
5 Game Pengganti Flappy Bird bagi Pengguna Windows 8.1

Pengembang game fenomenal Flappy Bird telah mengakhiri riwayat game nya sendiri. Padahal Flappy Bird sendiri sedang dalam puncaknya dan banyak digandrungi gamer, namun anehnya sang pengembang langsung menarik game tersebut dari toko aplikasi Android dan iOS. Game ini terakhir tercatat sebagai game gratis nomor satu di App Store di 53 negara pada 1 Februari 2014. Dengan begini bisa dipastikan Flappy Bird tidak akan lagi mendapat update terbaru ataupun level bahkan terbaru, yang artinya dihentikan perkembangannya.

Dong Nguyen, pemuda 29 tahun asal vietnam yang telah membuat game fenomenal ini mengatakan kepada blog teknologi, Verge, “Flappy Bird telah menghasilkan uang 50 ribu dollar per hari atau sekitar 600 juta rupiah”. Sejak pemberitaan itulah akun twitter Nguyen banyak mendapatkan kicauan bernuansa kemarahan, pelecehan, dan bahkan ancaman pembunuhan.

Sebelum menutup game ini, Nguyen menuliskan pengumuman di akun

twitternya pada 8 Februari 2014, beberapa jam setelah Flappy Bird mendapatkan pembaharuan, “Saya bisa mengatakan, Flappy Bird adalah keberhasilan saya. Tetapi, ia juga meruntuhkan kehidupan sederhana saya. Jadi, sekarang saya membencinya”.

Di saat kematian game inilah, para pengembang game mulai berlomba-lomba untuk memanfaatkan kepopuleran Flappy Bird dengan menciptakan game yang serupa. Yang sebelumnya game seperti ini hanya bertebaran di Android dan iOS, kini sudah hadir di Windows Phone ataupun Windows 8.1. Berikut ini 5 game pengganti Flappy Bird untuk pengguna Windows 8.1.

1. Jolly Fish
Game tersebut sudah lama bercokol di Windows Store semenjak Flappy Bird menuai kesuksesan. Gameplay dari Jolly Fish hampir sama begitu juga dari segi tampilan yang juga masih 8-bit. Namun bedanya Jolly Fish mengusung suasana bawah laut.

2. Flap Flap
Hampir tidak jauh berbeda dengan Flappy Bird, harus melakukan tap sebisa mungkin untuk terbang menghindari rintangan. Bedanya karaktek game diubah dan grafik yang lebh bagus.

3. Birdy Flap
Sepertinya game ini jelek dibanding Flappy Bird, terutama dari segi tampilannya. Birdy Flap benar-benar menampilkan tampilan klasik ala kadarnya tanpa banyak polesan.

4. Flappy Doge

Mungkin inilah game teraneh dibanding ketiga game diatas. Selain dapat

berjalan pada browser yang mendukung HTML5 terutama Google Chrome, bisa terlihat gameplay memang sama, tapi karakter sungguh berbeda yakni sebuah anjing berjenis Shiba Inu yang sedang populer di dunia meme. Tapi uniknya bagaimana bisa anjing terbang?

5. FlappyBird Free (Clone)
Game terakhir inilah yang sangat persis dengan Flappy Bird. Tidak ada perbedaan apapun dari segi gameplay ataupun grafik seolah merupakan port dari iOS dan Android.

Dari kelima game diatas yang dapat juga berjalan pada Windows Phone adalah

FlappyBird Free (Clone) dan Jolly Fish. Silahkan mainkan game-game ini untuk mendapatkan skor tertinggi yang bisa Anda peroleh, tapi jangan sampai Anda kecanduan bermainnya. (DW)

Gambar: Flappy Bird Game Over via Latin Times

Baca Juga: